GAME EDUKASI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BUDAYA TENTANG PAKAIAN ADAT DI ACEH MENGGUNAKAN MULTIMEDIA DEVELOPMENT LIFE CYCLE (MDLC)

RIZKI MAULANA MAULANA

Abstract


ABSTRAKS

Perkembangan teknologi informasi yang berkembang pesat di era globalisasi ini, salah satu dampaknya adalah munculnya game-game yang secara perlahan menggeser minat anak bangsa untuk belajar atau meluangkan sedikit waktu yang mereka miliki untuk mengenal budaya serta adat istiadat di Aceh. Game berkonsep edukasi yang dikemas secara modern, sepertinya akan bisa mengembalikan minat belajar anak bangsa. Game edukasi adalah salah satu jenis game yang digunakan untuk memberikan pembelajaran kepada penggunanya melalui media permainan yang unik dan menarik. Metode pengembangan sistem yang digunakan adalah Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang terdiri dari beberapa tahapan, antara lain : Concept, Design, Material Collecting, Assembly, Testing, Packaging dan Distribution. Metode ini digunakan, karena obyek-obyek yang dipakai dalam proyek ini terdiri dari elemen-elemen multimedia, yaitu : teks, gambar/grafik, animasi dan audio.Untuk meningkatkan motivasi belajar anak tentang budaya, maka dibangunlah suatu media pembelajaran dalam bentuk game edukatif dengan tujuan mengenalkan pakaian dan rumah adat di Aceh. Didalam game edukasi ini anak-anak bisa belajar melalui visualisasi yang menarik tentang pakaian dan rumah adat. Dengan game ini, diharapkan anak-anak semangat untuk belajar budaya, karena media pendidikan berbasis game lebih menawarkan proses belajar yang menyenangkan.

Kata Kunci : Game, Edukasi, MDLC, Rumah Adat.


Full Text:

PDF ()

References


DAFTAR PUSTAKA

Derra Pratama, 2011. E-Learning : Belajar Kebudayaan Nusantara Menggunakan Multimedia.

Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi, Universitas Gunadarma.

Indah Gema Yolanda, 2013. Pembuatan Game Edukasi Baju Adat. Teknik Informatika STMIK AMIKOM Yogyakarta.

Sugiyanto, 2010. Game Edukasi “Ragam Budaya” Sebagai Media Pembelajaran Budaya Tentang Pakaian Dan Rumah Adat Di Indonesia. Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Dian Nuswantoro, Semarang.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.