Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Beasiswa Bidikmisi di Universitas Almuslim Dengan Menggunakan Metode Weighted product

Rika Wahyuni , Wahyunia

Abstract


Abstrak

Pemberian beasiswa merupakan program kerja yang ada di setiap Universitas atau perguruan tinggi. Bidikmisi adalah program bantuan biaya pendidikan yang diberikan Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikjen Dikti). Program ini mempunyai misi untuk menghidupkkan harapan bagi masyarakat kurang mampu dan mempunyai potensi akademik memadai untuk dapat menempuh pendidikan sampai ke jenjang pendidikan tinggi. Sistem pendukung keputusan ini dapat membantu tim penyeleksi beasiswa dalam pengambilan keputusan penentuan penerimaan beasiswa bidikmisi, agar menghasilkan keputusan yang lebih efisien dan akurat serta memudahkan dalam pengambilan keputusan yang terkait dengan masalah penentuan penerimaan beasiswa, sehingga didapatkan mahasiswa yang benar-benar layak untuk mendapatkan beasiswa bidikmisi. Dari masing-masing mahasiswa akan dinilai berdasarkan kriteria-kriteria yang telah ditentukan, kemudian dilakukan proses perankingan yang akan menentukan alternatif yang terpilih dalam penentuan penerimaan beasiswa bidikmisi. Dalam pembangunan sistem ini, peneliti menggunakan bahasa pemograman java netbeans dan database yang digunakan mysql. Perhitungannya menggunakan metode weighted product dari penelitian yang dilakukan berdasarkan tiga mahasiswa yang telah ditentukan maka hasil akhir yang benar-benar layak menerima beasiswa bidikmisi yaitu Linda Karnova dengan nilai vektor Vi 0,341.

Kata KunciĀ  : Sistem Pendukung Keputusan, Weighted Product, Beasiswa Bidikmisi

Full Text:

PDF ()

References


DAFTAR PUSTAKA

Andriani, A. (2013) Sistem Pendukung Keputusan Berbasis Decision Tree Dalam Pemberian Beasiswa, AMIK, Yogyakarta.

Azwar, 1995, Pengertian Sistem Pendukung Keputusan.

Basyaib, (2006:139) Multi-kriteria Decision Analysis.

Dadan Umar Daihani, 2001, Sistem Pendukung Keputusan, Penerbit Elex Media Komputindo, Jakarta.

Eniyati, S. (2011) Perncangan Sistem Pendukung Pengambilan Keputusan Untuk Penerimaan Beasiswadegan Metode SAW (Simple Additive Weightimg), Universitas Stikubank, Semarang.

Jogiyanto, H, 2003, pengenalan Sistem Informasi, Andi, Yogyakarta.

Kusumadewi, Sri. (2007). Kecerdasan Buatan, Jurusan TeknikInformatika, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Islam Indonesia.

Kusuma W, Kartina Diah, (2009). Sistem Pendukung Keputusan. Pekanbaru : Politeknik Caltex Riau

Moore dan Chang, 1980, Principle of Service Marketing.

Supriyanto, 2005, Definisi Sistem.

Umami, P. dkk, (2014) Sistem Pendukung Keputusan Pemberian Beasiswa Bidikmisi, Universitas Bina Darma, Palembang.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.