SIMULASI PENANAMAN PADI BERBASIS 3D

ZULFIKAR , YUL HENDRA

Abstract


ABSTRAK

Padi merupakan tanaman pangan utama sebagian besar penduduk Indonesia. Pemenuhan kebutuhannya selalu diprioritaskan oleh pemerintah. SRI (System of Rice Intensification) adalah cara budidaya tanaman padi yang intensif dan efisien dengan proses management sistem perakaran yang berbasis pada pengelolaan: Tanah, Tanaman dan Air. Upaya pemberdayaan potensi masyarakat lokal baik itu masyarakat perkotaan maupun masyarakat pedesaan dapat dilakukan dengan berbagai upaya seperti penyuluhan dan pelatihan-pelatihan oleh berbagai pihak yang ahli di bidangnya dan mempunyai perhatian lebih di dalamnya. 3D Studio Max atau biasa dikenal dengan 3D Max adalah suatu software (Perangkat lunak) untuk membuat sebuah grafik vektor 3 dimensi dan animasi. ditulis oleh Autodesk Media & Entertainment, dulunya dikenal sebagai Discreet and Kinetix. 3D Studio Max dikembangkan dari pendahulunya yaitu 3D Studio for DOS, tetapi untuk platform Win32.

Kata kunci  : SRI (System of Rice Intensification), 3ds Max


Full Text:

PDF ()

References


DAFTAR PUSTAKA

Anonim. (2007). Materi Pembelajaran Ekologi Tanah (ET) dan System of Rice Intensification (SRI). Balai Irigasi, Pusat Penelitian dan Pengembangan Sumberdaya Air, Departemen Pekerjaan Umum. Bekasi 2007.

Berkelaar D. (2001). Sistem Intensifikasi Padi (The System of Rice Intensification-SRI) : Sedikit Dapat Memberi Lebih Banyak, Bulletin ECHO (terjemahan).

Prayatna, Soni. (2007). Pertanian Organik : Mengapa Harus SRI (System of Rice Intensification). Dinas Pertanian Kabupaten Tasikmalaya, Kerjasama dengan KTNA Kabupaten Tasikmalaya.

Sinar Tani, (2008). No. 3235. Tahun XXXVIII: P4S Teratai Merah Kabupaten Pinrang Sulawesi Selatan Kembangkan Model SRI.

Suwono; Kasijadi; Z. Arifin; I.Wahab; dan C.Ismail. (2000). Pengkajian system usaha pertanian padi dan efisiensi pupuk di ekoregion lahan irigasi. Laporan penelitian/pengkajian tahun 1999/2000. BPTP Karangploso.

Suyanto, M. (2003). Alat Meningkatkan Keunggulan Bersaing. Pernerbit Andi, Yogyakarta.

Wardana, P, I. Juliardi, Sumedi, Iwan Setiajie. (2005). Kajian Perkembangan System Of Rice Intensification (SRI) di Indonesia. Kerjasama Yayasan Padi Indonesia dengan Badan Litbang Pertanian. Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.