SISTEMPENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN UNIVERSITAS SWATA TERBAIK DIACEH MENGGUNAKAN METODE ANALYTICALHIERARCHY PROCESS

Fitri wahyuni , Yul Hendra

Abstract


ABSTRAK

Sistem Pendukung Keputusan (SPK) adalah sistem yang dapat membantu seseorang dalam mengambil keputusan yang akuratdan tepat sasaran. Banyakpermasalahan yang dapat diselesaikan dengan menggunakan SPK , salah satunya adalah Penentuan Universitas Swasta Terbaik. Ada beberapa metode yang dapat digunakan dalam menbangun suatu SPKĀ  diantaranya Analytical Hierarchy Process(AHP). AHP merupakan metode penelitian yang paling banyakdigunkan dalam memecahkan permasalahan yang bersifat multikriteria, seperti dalam Spk Penentuan Pemilihan Penentuan Universitas Swata Terbaik. Penelitian ini menggunakanmetode AHP dalammenentuakan universitas swastaterbaik. Dalam penentuan universitas swasta terbaik, ada beberapa dasar pengambilan keputusan antara lain reputasi, akreditasi, kualitas dosen, proses belajar, dan fasilitas.

Adapun hasil akhir dalam penelitian ini adalah hasil prioritas kriteria universitas swasta, yang di urutkan dari yang tertinggi hingga terendah, sehingga para siswa yang ingin melanjutkan ke perguruan tinggi dapat dengan mudah mengambil keputusan dengan menentukan universitas terbaik di Aceh. sistem ini hampir terditeksi 100% akurat.

Kata kunci : SPK (Sistem Pendukung Keputusan), AHP(Analytical Hierarchy Process), Akreditasi,


Full Text:

PDF ()

References


DAFTAR PUSTAKA

. Kusrini, 2007. Konsep dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan, Andi, Yokyakarta.

. Saaty, T.L., 1980, The Analytic Hierarchy Process, McGraw-Hill, New York.

. Saaty, T. L. 1996. Decision Making withDependence and Feedback The Analytic NetworkProcess. RWS Publications: Pittsburgh.

. Wahyuni, 2015. Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Universitas Swasta Terbaik Di Aceh Menggunakan Metode Analytical Hierachy Process, Skripsi, Progam Studi Teknik Informatika. Bireuen.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.