RANCANGAN GIS PEMETAAN JARINGAN IRIGASI DAN TEKNIK KOMUNIKASI KEUJRUN DALAM DISTRIBUSI PENGAIRAN DI KABUPATEN ACEH UTARA

Zakial Fikky, Nasruddin Nasruddin

Abstract


Abstrak — Kabupaten Aceh Utara merupakan sebuah kabupaten dengan luas area persawahan terluas di Aceh yang didukung dengan sarana irigasi krueng pase dan langkahan yang memadai, DAS (daerah aliran sungai dari hulu, tengah dan hilir) membawa aliran air dengan membanjiri persawahan tiap kemukiman dan kecamatan di Aceh Utara. Dalam hal distribusi air di Aceh Utara di monitoring oleh Keujruen (Bahasa aceh) dimana orang ini bertugas mengatur tutup buka pintu air sehingga bias di alirkan hingga ke hilir sawah. Permasalahan yang dihadapi saat ini yakni tidak ada kesatuan kerja dalam menajemen distribusi air di persawahan secara sistematis misal dengan memanfaatkan sebuah system informasi geografis yang mampu memetakan aliran sungai dan juga pintu air sehingga terkadang air akan terbuang sia-sia terlebih tidak adanya kesepakatan dalam memulai hari tanam padi. Dari factor tersebut peneliti mengkaji jika sebuah manajemen distribusi air dan pemetaan jaringan irigasi secara GIS disini sangat diperlukan dan bisa diberikan solusi dengan membangun sebuah media system informasi gegrafis pemetaan aliran air dan pintu air serta memberikan informasi keujruen yang bertugas. System pemetaan pintu air agar dapat memberikan informasi jika ada aliran air yakni dengan sebuah indikator pada web  sehingga bias memberikan informasi kepada para keujrun tentang aliran air kemana saja telah di-aliri dan kemungkinan akan menuju kemana. Selain pemetaan jaringan irigasi, komunikasi antar keujrun juga sangat di prioritaskan dalam system ini yakni dimana keujrun bisa saling memberikan informasi kapan pembukaan pintu air dan kapan saja penutupan pintu air sehingga keujrun bisa melakukan manajemen distribusi air di persawahan kabupaten Aceh utara.

Kata Kunci— GIS, Komunikasi Keujrun; Jaringan Irigasi; Distribusi Air ; GoogleMaps API.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Oktavianti, Subari, & Elma Yulius. (2014). Pemetaan Jaringan Irigasi Daerah Jawa Barat Berbasis Sistem Informasi Geografis (SIG). Jurnal BENTANG, 2(1), 53–65.

Agus, I. W., Apriana, K., Piarsa, I. N., & Bayupati, I. P. A. (2014). Aplikasi Geografis Pemetaan Bangunan dan Jaringan Irigasi Berbasis Mobile Android, 2(1), 12–17.

Albas, J., & Permana, S. (n.d.). Kajian Pengaruh Tinggi Bukaan Pintu Air Tegak ( Scluicegate ) Terhadap Bilangan Froude.

Janu Ismoyo, M., Kunci, K., & Operasi, : (n.d.). Pengaturan Pintu Irigasi Mrican Kanan Dalam Pengoperasian kebutuhan Air Irigasi.

Hartono, H., Sukabumi, U. M., Kusumah, H., & Sukabumi, U. M. (2016). Pemetaan potensi debit untuk irigasi dan energi mikro hidro pada sub-DAS Cimandiri Sukbumi, (May 2018), 0–10.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.