PROTOTYPE REMOTE CONTROL MOBIL MENGGUNAKAN SMARTPHONE ANDROID

Imam Muslem R.

Abstract


Abstrak — Teknologi terus dikembangkan dengan tujuan untuk memudahkan pekerjaan manusia. Salah satu teknologi untuk mendukung dan membantu pekerjaan manusia adalah sistem remote cotrol, dimana sistem ini memungkinkan manusia untuk mengendalikan perangkat eletronik melalui jarak jauh. Akan tetapi permasalahan yang ada saat ini pada sistem remote control adalah fleksibiltas yang kurang. Perangkat elektronik yang dapat dikontrol memiliki keterbatasan, dimana satu perangkat elektronik khusus misalkan seperti televisi, air conditioner dan lain sebagainya hanya dapat dikontrol dengan remote yang didedikasikan khusus untuk perangkat tersebut. Dalam penelitian ini dikembangkan suatu sistem kontrol dengan memanfaatkan android yang diuji pada perangkat mobil remote control. Sistem kontrol melalui smartphone ini diharapkan dapat dikembangkan untuk perangkat-perangkat lainnya. Hasil yang didapatkan dalam penelitian ini yaitu mobil RC dapat dikendalikan dengan smartphone android pada jarak 15 meter. Hal ini dikarenakan sistem ini menggunakan konektifiktas wifi yang efektif pada jarak sekitar 15 meter. Penelitian ini diharapkan menjadi rujukan untuk penelitian pengembangan sistem kontrol untuk semua peralatan elektronik liannya. 

 

Kata Kunci— Android, Mobil RC, Remote Control, Router Wifi, System Control.

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Arvindan, A. N., & Keerthika, D. (2016, March). Experimental investigation of remote control via Android smart phone of arduino-based automated irrigation system using moisture sensor. In 2016 3rd International Conference on Electrical Energy Systems (ICEES) (pp. 168-175). IEEE.

David, N., Chima, A., Ugochukwu, A., & Obinna, E. (2015). Design of a home automation system using arduino. International Journal of Scientific & Engineering Research, 6(6), 795-801.

Khadke, S. K. (2014). Home appliances control system based on android Smartphone. IOSR Journal of Electronics and Communication Engineering, 9(3), 67-72.

Kumar, S. (2014). Ubiquitous smart home system using android application. arXiv preprint arXiv:1402.2114.

Nasution, T. H., Muchtar, M. A., Siregar, I., Andayani, U., Christian, E., & Sinulingga, E. P. (2017, April). Electrical appliances control prototype by using GSM module and Arduino. In 2017 4th International Conference on Industrial Engineering and Applications (ICIEA) (pp. 355-358). IEEE.

Prihatmoko, D. (2016). Perancangan dan implementasi pengontrol suhu ruangan berbasis mikrokontroller arduino uno. Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer, 7(1), 117-122.

Sadi, S., & Putra, I. S. (2018). Rancang Bangun Monitoring Ketinggian Air Dan Sistem Kontrol Pada Pintu Air Berbasis Arduino Dan Sms Gateway. J. Tek, 7(1), 77-91.

Truong, N. V., & Vu, D. L. (2012, November). Remote monitoring and control of industrial process via wireless network and Android platform. In 2012 International Conference on Control, Automation and Information Sciences (ICCAIS) (pp. 340-343). IEEE.

Zhu, A., Lin, P., & Cheng, S. (2012, December). Design and realization of home appliances control system based on the Android smartphone. In 2012 International Conference on Control Engineering and Communication Technology (pp. 56-59). IEEE.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.