PERANCANGAN APLIKASI MOBILE UNTUK NOTIFIKASI KEGIATAN AKADEMIK FIKOM UNIVERSITAS ALMUSLIM

Zahara Zahara, Zara Yunizar, T.M. Johan

Abstract


Abstrak — Wujud layanan FIKOM di bidang akademik salah satunya ialah tersedianya informasi jadwal kegiatan mahasiswa. Media yang digunakan untuk menyampaikan informasi kegiatan saat ini ialah papan pengumuman dan situs web resmi kampus . informasi jadwal yang tersedia pada papan pengumuman antara lain informasi, jadwal ujian akhir semester, jadwal pengambilan KHS. Informasi yang tersedia pada situs web resmi kampus antara lain informasi jadwal kuliah, dan informasi kalender akademik. Penggunaan papan pengumuman memiliki kelebihan dapat menampilkan jumlah informasi jadwal yang lengkap. Informasi yang terdapat pada papan pengumuman dapat diakses oleh mahasiswa dengan cara mendatangi dan melihat informasi tersebut secara langsung. Metode mengakses secara langsung tentu menimbulkan kesulitan bagi mahasiswa, terutama bagi mahasiswa yang berasal dari tempat tinggal yang jauh dengan fasilitas teknologi dan  yang berada pada tingkat akhir. Bagi mahasiswa yang berasal dari jauh kesulitan terjadi terutama ketika mereka pulang ke kota asal mereka setelah ujian akhir semester. Kesulitan tersebut terjadi karena pada saat berada di kampung halaman, mahasiswa tetap membutuhkan informasi jadwal pengambilan KHS, pengisian KRS dan informasi jadwal lainnya. Dengan adanya smartphone Android sebagai salah satu produk teknologi terbaru di bidang selular diharapkan dapat membantu mahasiswa mengakses informasi jadwal dengan efektif dan efisien. Kemampuan smartphone Android diharapkan mampu memberikan pemberitahuan saat jadwal baru tersedia. Sifat smartphone Android yang mudah dibawa dapat memudahkan mahasiswa untuk mengakses informasi jadwal dimana saja, dengan memanfaatkan Google cloud message sebagai server pengirim notifikasi kepada aplikasi client berbasis notifikasi.

 

Kata Kunci— Android, Notifikasi, Google Cloud Message, Aplikasi Mobile.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Arifianto, Teguh., 2011, “Membuat Interface Aplikasi Android Lebih Keren dengan LWUIT”, Andi Publisher, Yogyakarta.

Budicahyanto, D., 2003, “Membangun Aplikasi Handphone dengan MobileFBUS dan Visual Basic”, Andi dan X-Oerang Technology, Yogyakarta.

Coronel, Carlos, 2011, Database Systems Design, Implementation and Management. United States: Course Technology Cengange Learning.

Hartono, Jogiyanto 2005, Analisis dan Desain, Andi Offset, Yogyakarta.

Jogiyanto, HM., 2005, “Analisa dan Perancangan Sistem Informasi”, Andy Offset, Jogyakarta.

Kadir. A., 2002, “Dasar Pemrograman WEB Dinamis Menggunakan PHP”, Andi, Yogyakarta.

Kadir, Abdul 2003, Pengenalan Sistem Informasi, Andi Offset, Yogyakarta.

Mulyadi. 2010. Membuat Aplikasi Untuk Android. Yogyakarta : Multimedia Center Publishing.

Muzakir, 2013, “Perancangan Dan Ujicoba Sistem Keamanan Web Service Dengan Metode Ws-Security”, Teknik Informatika Universitas Bina Darma, Palembang.

Nugroho, A., 2009, “Rekayasa Perangkat Lunak Menggunakan UML Dan Java”, Andy Offset, Yogyakarta.

Ramadhan, T., Utomo, V, G., 2014, “Rancang Bangun Aplikasi Mobile Untuk Notifikasi Jadwal Kuliah Berbasis Android”, Program Studi Teknik Informatika STMIK PROVISI Semarang, Semarang

Rizka Liatmaja, Indah Uly Wardati, 2013, “Sistem Informasi Akademik Berbasis Web Pada Lembaga Bimbingan Belajar Be Excellent Pacitan”, Medan.

Satoto, Kodrat Iman. Analisis Keamanan Sistem Informasi Akademik Berbasis Web Di Fakultas Teknik Universitas Diponegoro.Artikel IlmiahTerpublikasi. Universitas Diponegoro.2008

Tarigan. E. D., 2012, “Membangun SMS Gateway Berbasis Web Dengan Codeigniter”, Lokomedi, Yogyakarta.

Yazid Achyarudin, Abdul Hadi Zulkarnaen, , 2013 “Sistem Informasi Akademik Berbasis Android Pada Stmik Global Informatika Multi Data Palembang”, urusan Sistem Informasi STMIK GI MDP, Palembang.


Refbacks

  • »