SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN KETUA OSIS PADA SMA NEGERI 1 BIREUEN DENGAN MENGGUNAKAN METODE AHP DAN TOPSIS

Imam Muslem R.

Abstract


Abstrak — Penggunaan perangkat teknologi informasi merupakan hal yang mutlak digunakan sekarang, tidak hanya kalangan bisnis yang menggunakannya tetapi juga dari kalangan pendidikan. Banyak sekolah yang menggunakannya untuk promosi sekolah dan kegiatan lainnya untuk mempermudah siswa serta orang-orang yang terlibat didalamnya dalam mengakses informasi sekolah. Keberadaan organisasi OSIS di sekolah merupakan sarana yang baik untuk melatih bakat kepemimpinan siswa, oleh karena itu keberadaan ketua OSIS sebagai pengatur organisasi dipandang sebagai orang yang penting dan harus dipilih sesuai dengan kriteria yang ditetapkan. Mengingat pentingnya peran ketua OSIS maka dirancanglah sebuah sistem pendukung keputusan untuk pemilihan ketua OSIS untuk mempermudah dalam menyeleksi calon Ketua OSIS yang penilaiannya diarahkan kepada setiap kriteria yang telah ditetapkan. Metode yang digunakan yaitu metode AHP (Analytical Hierarchy Process) dan Topsis (Technique For Order Preference by similarity to Ideal solution). Metode AHP digunakan untuk pembobotan kriteria dan uji konsistensi terhadap matriks berpasangan. Metode Topsis digunakan untuk perangkingan nilai akhir dari masing-masing calon ketua OSIS. Dengan menggunakan kedua metode tersebut, maka diperoleh nilai terbaik dari calon ketua OSIS dari beberapa kriteria (Kepribadian, Prestasi, Kecakapan berbahasa, Tanggung jawab dan visi misi) adalah Mubaasyir (0,68), M.Khalif (0,34) dan Zikri (0,30).

 

Kata Kunci—Analitycal Hierarchy Process, TOPSIS, Sistem Pendukung Keputusan.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Abdul Kadir. 2002. Pengenalan Sistem Informasi.Andi.Yogyakarta.

Alfian Anhar, Agus Widodo. Kombinasi Metode TOPSIS (Technique for Order Preference by Similarity to Ideal Solution) dan AHP (Analytical Hierarchy Process) dalam Menentukan Objek Wisata Terbaik di Pulau Bali. Jurnal.F.MIPA, Universitas Brawijaya, Malang, Indonesia.

Bambang Hariyanto,2004, Sistem Manajemen Basis Data,Penerbit Informatika.Bandung.

Ensiklopedia.Web.Id. Pusat Jurnal Indonesia. Organisasi Siswa Intra Sekolah. Bekasi.diakses tanggal 4 Maret 2016.

Kardi Teknomo.1999. Penggunaam Metode Analytic Hierarchy Process. Jurnal Teknik Sipil, Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan – Universitas Kristen Petra.

Kendall-Kendall, Analisis dan Perancangan Sistem, 2006.terj.Thamir Abdul Hafedh, PT.Indeks.Jakarta.

Sylvia Hartati Saragih.2013. Penerapan Metode Analitycal Hierarchy Process (Ahp) Pada Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Laptop. Jurnal. Pelita Informatika Budi Darma, Volume : IV, Nomor: 2, Agustus 2013.Medan.

Nur Asmaniar. 2014. Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Lokasi Pembangunan ATM (Anjungan Tunai Mandiri) Pada PT.Bank Aceh Cabang Bireuen Menggunakan Metode Topsis.Jurusan Teknik Informatika, Universitas Almuslim,Bireuen


Refbacks

  • »