SISTEM INFORMASI E-VOTING PEMIRA PRESIDEN DAN WAKIL PRESIDEN MAHASISWA UNIVERSITAS ALMUSLIM BIREUEN ACEH BERBASIS ANDROID

Ichsan Ichsan, Iskandar Zulkarnaini

Abstract


Abstrak — Semakin berkembangnya  teknologi informasi membuat sebuah alternatif solusi baru untuk membuat segala aktivitas manusia, terutama dalam pengembangan dan penerapan pemilihan secara elektronik (E-Voting). Pengembangan aplikasi pada sistem operasi android memiliki kelebihan yang membuat proses pemilihan dapat dilakukan dengan mudah dan efisien. Tujuan dari proyek akhir ini adalah pembuatan sistem yang memudahkan mahasiswa serta menarik minat mahasiswa untuk ikut berpartisipasi dalam pemilihan presiden mahasiswa yang diselenggarakan di Universitas Almuslim Bireuen. Dalam pembuatan sistem informasi e-voting ini penulis menggunakan beberapa perangkat lunak sebagai aplikasi pendukung yaitu: Eclipse, Netbeans, XAMPP, PHP, MySql. Penerapan proses pemilihan yang ada di dalam aplikasi e-voting ini meliputi pemilihan calon kandidat, akses informasi calon, melihat informasi hasil sementara dan proses login sebagai bentuk verifikasi pengguna terdaftar agar bisa menggunakan aplikasi e-voting.

 

Kata Kunci— Sistem Informasi, E-Voting, Pemira, Android, Eclipse, Netbeans, PHP, MySql.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Fitrianto. R, 2014. Sistem Aplikasi Mobile E-Voting Menggunakan Platform Android.

Hutagalung MK. 2012. Perancangan perangkat e-voting berbasis E-KTP.

Jogiyanto.HM.1990. Analisis & Desain Sistem Informasi. Andi Offset.Yogyakarta

Kristanto, 2004. Analisis dan Desain Sistem Informasi. Yogyakarta: Penerbit Andi..

Neyman SN, 2013. Penerapan sistem e-voting pada pemilihan kepala daerah di Indonesia.

Riske P, 2014. Perancangan Aplikasi Voter Berbasis Android Studi Kasus Pemilihan Ketua Himpunan Mahasiswa Jurusan Teknik Elektro Universitas Sam Ratulangi Manado.

Yusriannur. M, 2013. Aplikasi E-Voting berbasis web untuk pemilihan presiden mahasiswa pada Universitas Dian Nuswantoro Semarang.


Refbacks

  • »
  • »