MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PENANAMAN SAYURAN BERBASIS ANIMASI 3D

Syibral Syibral, Afizal Afizal, Dasril Azmi

Abstract


Abstrak — Sayuran merupakan tanaman pangan sebagai tanaman pelengkap dalam kehidupan sehari-hari manusia. Pemenuhan kebutuhannya selalu diprioritaskan oleh kalangan masyarakat terutama oleh kelompok petani. Upaya pemberdayaan sayuran ini untuk meningkatkan potensi masyarakat lokal baik itu seperti penyuluhan dan pelatihan-pelatihan oleh berbagai pihak yang ahli di bidangnya mengenai proses penanaman sayuran-sayuran tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk merancang sebuah desain animasi dalam bentuk tiga dimensi tentang proses penanaman sayuran. Dengan adanya Multimedia maka dapat dirancang suatu animasi penanaman sayuran kedalaman bentuk tiga dimensi menggunakan aplikasi 3D Studio Max. 3D Studio Max atau bisa dikenal dengan 3D Max adalah suatu software (Perangkat lunak) yang untuk membuat sebuah karya animasi berbasis  grafik vektor 3 dimensi. Ditulis oleh Autodesk Media & Entertainment, dulunya dikenal sebagai Discreet and Kinetix. 3D Studio Max dikembangkan dari pendahulunya yaitu 3D Studio for DOS, tetapi untuk platform Win32.

 

Kata Kunci—Tuliskan 4 atau 5 buah kata kunci atau frasa menurut urutan alfabet dipisahkan dengan tanda koma.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Hamdani. 2005. Manfaat Media Pembelajaran. Jakarta: Pustaka Cipta.

Purnamawati dan Eldarni. 2001.Media Pembelajaran. Jakarta.

Hasrul. 2009. Penuntun Praktikum Instalasi Listrik 2. Makassar : Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Makasar.

Turban.,dkk, 2002, Aplikasi Multimedia Interaktif, Paradigma,Yogyakarta.

Hasrul, Langkah-Langkah Pengembangan Pembelajaran Multimedia Interaktif, Jurnal MEDTEK. Volume 2, Nomor 1, (2010).

Arsyad, Azhar. 2003. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grasindo Persada.

Rohani (1997). Media Instruksional Edukatif, Jakarta: PT Rineka Cipta.

Djaramah & Zain (2006). Strategi Belajar Mengajar, Bandung: PT Rineka Cipta.

Rosyada, Dede. 2008. Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada.

Sumiati. (2011). Pembelajaran Biologi Dengan Model TGT ( Teams Games Tournaments) Menggunakan Permainan Ular Tangga Dan Teka-Teki Silang Ditinjau Dari Memori dan kreativitas siswa. UNS. Pascasarjana.

Handayani, M.T., 2012, Apilkasi multimedia interkatif untuk penyuluhan sistem pertanian terpadu,Tugas Akhir, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Nugroho, Bunafit. 2008. Aneka Kreasi Animasi dengan Adobe Flash CS3. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Salim. 2004. Animasi dengan Macromedia Flash MX 2004. Jakarta: PT Elex Media Komoputindo.

Kurniawan, Yahya 2005. Flash Professional 8 untuk orang awam. Palembang: CV. Maxicom.

Enterprise, Jubilee. 2006. 6 Aplikasi Ampuh Flash 8. Yogyakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Arry Maulana. 2003. Animasi itu Mudah dengan Macromedia Flash MX. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Sudjana, Nana. 2004. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Anonim, 2010. Budidaya Sawi Organik http://Uncategorized-Go Blokme.htm. Diakses Tanggal 10 Januari 2015 jam 010:30 wib.

Margiyanto E., 2010. Cahaya Tani http://Budidaya Tanaman Sawi (Cahaya) Tani.htm. Diakses Tanggal 02 Maret 2015 jam 02:30 wib.

Rianto, 2009. Cara Menanam Sawi. http://tips-cara-menanam-sawi.htm. Diakses Tanggal 17 Januari 2015 jam 11:00 wib.

Yudharta, 2010. Tanaman Sawi http://Tanaman Sawi (Community Aji) Chrw-95%.htm. Diakses Tanggal 02 Maret 2015 jam 02:30 wib.


Refbacks

  • »
  • »
  • »
  • »
  • »
  • »