SISTEM INFORMASI PENGELOLAAN KEUANGAN DAERAH PADA SKPK KANTOR CAMAT KECAMATAN JULI KABUPATEN BIREUEN

Fitri Rizani

Abstract


ABSTRAK

 

pengelolaan keuangan pada instansi Satuan Kerja Perangkat Kabupaten (SKPK) Kantor Camat Kecamatan Juli Kabupaten Bireuen dalam hal penatausahaan pengeluaran membutuhkan Pengelolaan informasi yang optimal supaya memberikan hasil yang baik bagi instansi, keterbatasan yang dimiliki oleh pihak intern dalam penyajian informasi akan berdampak buruk atas ketidak sesuaian anggaran dalam pengeluaran serta pembuatan laporan-laporan pertanggung jawaban. Dari informasi yang diperoleh bahwa untuk pengelolaan keuangan daerah serta pembuatan laporan-laporan pertanggung jawaban masih menggunakan sistem secara manual, sehingga dapat memakan waktu yang cukup lama. penulis mencoba untuk mengembangkan solusi berupa Sistem Informasi yang dapat memberikan informasi tentang pengelolaan keuangan daerah pada SKPK Kantor Camat Kecamatan Juli Kabupaten Bireuen agar  proses  pengajuan  dana  dan  pembuatan laporan menjadi mudah dan cepat sehingga menghasilkan informasi yang akurat dengan membuat sebuah aplikasi yang bisa memberikan output laporan seperti yang diharapkan.

 

Kata kunci :kantor camat juli, keuangan, mysql, php

Full Text:

PDF ()

References


Daftar Pustaka

Abdul Halim. 2004. Akuntansi Keuangan Daerah. Edisi Revisi. Jakarta: Salemba Empat.

Davis. B. G., 2009, “Sistem Informasi Manajemen”, Mondial, Jakarta.

Departemen Dalam Negeri Republik Indonesia. Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 13 tahun 2006 tentang Pedoman Pengelolaan Keuangan Daerah tahun 2006

Jogiyanto, Hartono, 2005, “Analisis & Desain Sistem Informasi Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktek Aplikasi Bisnis”, C.V ANDI OFFSET, Yogyakarta.

Marimin, 2004, “Teknik dan Aplikasi Pengambilan Keputusan Kriteria Majemuk”,Grasindo, Jakarta.

Mardiasmo. 2002. Autonomi dan Manajemen Keuangan Daerah. Yogya: Penerbit Andi

Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia, 2007. Permendagri No 59 Tahun 2007 Tentang Pedoman Pengelolaan Keuangan Daerah.

Nugroho, 2009, “Pengenalan Aplikasi Komputer”, C.V ANDI OFFSET, Yogyakarta.

http://www.bpn.go.id/DesktopModules/EasyDNNNews/DocumentDownload.ashx?portalid=0&moduleid=1658&articleid=2136&documentid=1981 Selasa, 29 September 2015, Pukul 10:34 WIB


Refbacks

  • »
  • »
  • »