PENGENALAN ALAT MUSIK MODERN MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY

Muharni Muharni, Zara Yunizar, Riyadhul Fajri

Abstract


ABSTRAK

Perkembangan dan penggunaan teknologi saat ini sangat berdampak besar terhadap pengaruh kondisi gaya hidup manusia. Dampak dari perkembangan tersebut terlihat pada perkembangan kamera dan penggunaannya. Perkembangan teknologi terutama dalam teknologi informasi khususnya pemrosesan citra gambar digital saat ini telah berada pada tahap yang sangat baik. Dimana penerapan implementasi pemrosesan gambar digital telah merambah pada salah satunya adalah augmented reality. Dengan adanya augmented reality beberapa proses visualisasi dan penyampaian informasi dapat dilakukan dengan lebih variatif dimana informasi tidak hanya dapat disajikan secara offline namun juga realtime dan dengan menggunakan media digital yang beranekaragam salah satunya obyek 3 dimensi.Pengenalan alat musik adalah pembelajaran mengenal dan memahami berbagai alat musik modern, dengan menggabungkan teknologi AR ini, akan sangat efektif untuk membantu proses belajar di ruang pendidikan atau pun di mana saja.

 

Kata Kunci : Augmented Reality, Marker, Android

 


Full Text:

PDF ()

References


DAFTAR PUSTAKA

Alvado, Michael. 2011. Pembangunan Aplikasi Katalog Penjualan Mobil dengan Augmented Reality. Yogyakarta: Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

Brata, Adam Hendra. 2012. Pengembangan Perangkat Lunak Magic Profile Book Teknik Informatika Universitas Brawijaya dengan Menggunakan Teknologi Augmented Reality. Malang: Universitas Brawijaya.

Carmigniani, Julie., dan Borko Furht. 2011. Augmented Reality: An Overview.

Efendy Rasjid, Fadjar. 2010. Android: Sistem Operasi Pada Smartphone.

http://www.ubaya.ac.id/ubaya/articles_detail/7/android--sistem-operasi-pada-smartphone.html, 2 September 2010, diakses tanggal 23 Februari 2015

Elvrilla, Septri. 2011. Augmented Reality Panduan Belajar Sholat Berdasarkan Buku Teks Belajar Sholat Menggunakan Android. Universitas Gunadarma.

Hanif, Akhmad. 2013. Pencarian Tempat Kos dengan Teknologi Augmented reality Berbasis Smartphone Android. Yogyakarta: Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga

Herman. 2015. Unity 3D – Game Engine. http://www.hermantolle.com/class/docs/

unity-3d-game-engine/, 6 Oktober 2013. Diakses tanggal 3 Januari 2015

Rimahirdani, Ferissa. 2010. Aplikasi Augmented Reality Pengenalan Alat Musik Gamelan Jawa. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.


Refbacks

  • »
  • »
  • »
  • »