IMPLEMENTASI METODE CERTAINTY FACTOR UNTUK MENDIAGNOSA PENYAKIT PADA SAPI (STUDI KASUS DINAS PETERNAKAN KABUPATEN BIREUEN)

Sri Rezeki, Yul Hendra

Abstract


ABSTRAKS

Metode yang diusulkan oleh peneliti ini tidak melibatkan pakar dalam penentuan CF. Pada metode ini CF didapat dengan menghitung probabilitas kemunculan sebuah fakta pada semua gejala yang ada. Aplikasi sistem pakar untuk mendeteksi penyakit pada sapi dengan menggunakan metode Certainty Factor dibangun dengan menggunakan bahasa pemrograman utama yaitu PHP, dengan menggunakan basis data MySQL.Metode yang digunakan dalam pembuatan sistem pakar adalah certainty factor. Dengan sistem operasi Microsoft Windows 7. Untuk implementasi perangkat lunak untuk mendeteksi penyakit pada sapi dengan menggunakan metode Certainty Factordigunakan xampp-win32-1.8.2, PHP (5.3.8), dan MySQL (5.5.16) Xampp dipilih sebagai perangkat lunak pengembangan karena menyediakan fasilitas yang memadai untuk membuat perangkat lunak yang berbasis web dan juga menyediakan web server yaitu Apache webserver dan database server yaitu MySQL server.

 

Kata Kunci:

Aplikasi, Sistem Pakar, Certainty Factor

References


Anggarini, W., 2009. “Aplikasi Konsep SistemPakar untuk Troubleshooting PC MenggunakanPHP dan MySql ” Tugas Akhir,JurusanSistem Informasi, Ilmu Komputer Universitas Gunadarma.

Arhami, Muhammad. “Konsep Dasar Sistem Pakar”, Yogyakarta: Andi, 2005.

Gregorius, 2011. “Probabilitas Penggunaan Premis untuk menentukan Certainty Factor dari Rule” Teknik Informatika Universitas Kristen Petra, Surabaya

Hartati, 2005. “Media Konsultasi PenyakitKelamin Pria dengan Penanganan KetidakpastianMenggunakan Certainty Factor Bayesian,: Andi:Yogyakarta.

Khotimah, 2010. “Sistem Pakar Troubleshooting Komputer dengan metode Certainty Factor Menggunakan Probabilitas Bayesian (Studi Kasus Laboratorium Jaringan Komputer)” jurnal, Program Studi Teknik Informatika, Universitas Trunojoyo

Kusrini, 2006. “Sistem Pakar Teori dan Aplikasi”,Andi: Yogyakarta

Kusumo, A.S., 2003. “Pemrograman Databasedengan Vi sualBasi


Refbacks

  • »
  • »
  • »
  • »