PENGUKURAN INDEKS KEAMANAN INFORMASI PADA UNIVERSITAS ALMUSLIM MENGGUNAKAN METODE OCTAVE DENGAN MENGGUNAKAN DASHBOARD INFORMATION SYSTEM

Zulkifli .

Sari


ABSTRAK

Informasi merupakan aset yang berharga bagi setiap organisasi karena merupakan salah satu sumber daya strategis dalam meningkatkan nilai usaha dan kepercayaan publik.Perlindungan terhadap informasi merupakan hal yang mutlak harus diperhatikan secara sungguh-sungguh oleh segenap jajaran pemilik, manajemen dan karyawan organisasi yang bersangkutan.Pemantauan dan pengukuran indeks keamanan informasi pada sebuah perguruan tinggi masih sangat jarang dilakukan dan kurang mendapat perhatian. Penelitian ini dilakukan untuk memberikan suatu tools yang dapat digunakan oleh perguruan tinggi dalam usaha untuk memantau dan mengukur tingkat kesiapan perguruan tinggi tersebut dalam hal pengelolaan keamanan informasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan dengan metode OCTAVE berbasis ISO 27001 yang merupakan standar internasional dalam pengukuran tingkat keamanan informasi sebuah organisasi yang menggunakan 6 variabel yaitu peran dan tingkat kepentingan TIK, tata kelola keamanan informasi, pengelolaan resiko keamanan informasi, kerangka kerja keamanan informasi, pengelolaan asset informasi dan teknologi keamanan informasi. Studi kasus dalam penelitian ini dilakukan pada Universitas AlMuslim Bireun dan hasil pengujian menyatakan bahwa tingkat kesiapan universitas ini masih berada pada wilayah “Kerangka Kerja Dasar”.

Kata kunci : Dashboard Information System, keamanan informasi,  Institusi Pendidikan Tinggi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


. Aminudin, A. 2010. “Pengontrol Robot Pemadam Api Dengan Gelombang Radio”, Proceding Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Elektro, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya, pp. 178-182

. Arys, F. 2011, “Rancang bangun aplikasi berpindah pengendali Robot berbasis android menggunakan koneksi Bluetooth”, Proseding Tugas Akhir Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Informasi, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, 2011.

. Salahuddin, 2013, ”Rancang Bangun Robot Pencari Korban Bencana Alam Dengan Kontrol Wireless Modulasi FM (Frequency Modulaton) FSK (Frequency Shift Keying)”. Jurnal Litek, ISSN: 1693-8097, Vol. 10 No. 2, September 2013.

. Lumenta, S. 2012, “Pemanfaatan Komputer Tablet Android Sebagai Pengendali Robot Beroda Empat”, Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Unsrat, e-journal Teknik Elektro dan Komputer, ISSN 2301-8402

. Rahman, S., Randy. 2011, “Sistem Pengendali Robot Mobil Berbasis Mikrokontroler At8535 Dengan Antar Muka Rj45”, Program Studi Teknik Komputer Politeknik Telkom Bandung.

. Widodo., Budhi, R. Embedded System Menggunkan Mikrokontroler dan Pemrograman C: Yogyakarta : Andi

. Winoto, Ardi. 2010. mikrokontroler AVR Atmega8/32/16/8535 dan programannya dengan Bahasa C pada WinAVR edisi revisi: Bandung: Informatika.

. Basuki, A. 2006. Algoritma Pemograman 2 menggunakan Visual Basic 6: PENS. ITS.

. Webcam Wireless,

. EMS Ethernet Module,

. ATmega16 Datasheet,

. Motor DC, .


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.