PENGARUH PENGGUNAAN PUPUK DAUN BAYFOLAN DAN PUPUK NPK TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN TOMAT (Solanum lycopersicum L.)

Muhajir, Marlina, Agusni

Sari


ABSTRAK

            Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan pupuk daun Bayfolan dan pupuk NPK terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman tomat. Penelitian ini dilaksanakan di Gampong Matang Cot Paseh  Kecamatan Peusangan Kabupaten Bireuen, yang berlangsung dari bulan Juli sampai bulan September 2016. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK) faktorial terdiri dari 2 faktor  yaitu pemberian pupuk daun Bayfolan (P) dan pupuk NPK (N). Variabel yang diamati yaitu tinggi tanaman (cm), diameter batang (cm), jumlah cabang produktif, jumlah buah, berat buah (gram) dan produksi/Ha.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwapemberian Pupuk Daun berpengaruh nyata terhadap tinggi tanaman pada umur 15, diameter batang pada umur 30 dan 45, jumlah buah pada panen III dan berat buah pada panen I dan III. Namun tidak berpengaruh nyata terhadap tinggi tanaman pada umur 30 dan 45 HST, jumlah cabang produktif pada umur 30, 45 dan 60 HST, diameter batang pada umur 60 HST, jumlah buah pada panen I dan II dan berat buah pada panen II. Rata-rata perlakuan terbaik dijumpai pada pemberian pupuk daun dengan konsentrasi 4 ml/liter air (P2). Sedangkan pemberian pupuk NPK berpengaruh nyata terhadap diameter batang tanaman pada umur 30 dan 45 HST, jumlah buah dan berat buah pada panen I namun tidak berpengaruh nyata tinggi tanaman pada umur 15, 30 dan 45 HST, jumlah cabang produktif 30, 45 dan 60 HST, diameter batang pada umur 60 HST, jumlah buah dan berat buah pada panen II dan III.Rata-rata perlakuan terbaik dijumpai pada pemberian pupuk NPK dengan dosis 800 Kg/Ha (N3).Dari hasil penelitian juga diketahui bahwa tidak terdapat interaksi yang nyata antara perlakuan pemberian pupuk daun dengan pupuk NPK terhadap semua parameter yang diamati.

 

Kata kunci: Pupuk Daun Bayfolan, Pupuk NPK dan Tanaman Tomat


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Ariansyah, U. 2002. Pengaruh Pupuk Paun Hyponex Hijau Terhadap Pertumbuhan dan Produksi Bawang Merah.Skripsi. Fakultas Pertanian Universitas Lambung Mangkurat. Banjar Baru.

Bagaskara.2011. Pengaruh Pemberian Pupuk NPK Terhadap Pertumbuhan Kacang Jenis Gajah. Penelitian Pertanian Tanaman Pangan.

Cahyono. B. 2005. Tomat. CV. Semarang: Aneka Ilmu

Dartius. 2006. Fisiologi Tumbuhan 2. Fakultas Pertanian Sumatera Utara. Medan.

Darwin dan Hidayat. 2008. Pengaruh Dosis Kompos Pupuk Kandang Sapi Terhadap Pertumbuhan Dan Produksi Buah Tomat. Fakultas Pertanian Lampung. Lampung.

Dwijoseputro, D. 2002. Pengantar Fisiologi Tumbuhan. Gramedia, Jakarta

Gardner FP. 2002. Physiology of Crop Plants. Diterjemahkan oleh H.Susilo. Jakarta. Universitas Indonesia Press.

Hakim, N. 2001. Dasar-dasar Ilmu Tanah. Universitas Lampung.

Hardjowigeno, S. 2003. Ilmu Tanah Ultisol. Edisi Baru. Akademika Pressindo, Jakarta.

Hariyadi.P.. 2008. Optimasi Produksi Antioksidan pada Proses Perkecambahan Biji-Bijian dan Divesifikasi Produk Pangan Fungsional dari Kecambah yang Dihasilkan.LaporanPenelitian. IPB, Bogor.

Jumin, H.B. 2008. Dasar - Dasar Agronomi. Jakarta: RajawaliPers.

Kartasapoetra, G. 2002. Pupuk dan Cara Pemupukan. Rineka Cipta. Jakarta.

Leiwakabessy. 2005. Pengelolaun Kesuburan Tsnah. Bumi Aksara. Jakarta

Lingga dan Marsono. 2006. Petunjuk Penggunaan Pupuk. Penebar Swadaya. Jakarta

Lingga, P. 2005. Petunjuk Penggunaan Pupuk. Penebar Swadaya. Jakarta

Musnamar, E.I. 2006.Pupuk Organik Padat. Penebar Swadaya, Jakarta

Novizan.2002. Petunjuk Pemupukan yang Efektif. Agro Media. Tanggerang

PT Bayer Indonesia. 2010. Panduan Produk, Kwantitas, Kwalitas, Kelestarian. Yogyakarta.

Rismunandar. 2002. Tanaman Tomat. Sinar Baru Algensindo, Bandung

Salisbury. F. dan Ros. B. 2005. Fisiologi Tumbuhan Jitid I. ITB. Bandung

Sarwono, H. 2005. Ilmu Tanah. Akademik Pressindo, Jakarta.

Setyamidjaja, D. 2000. Pupuk dan Pemupukan. CV. Simplex, Jakarta

Sumitro, S.T. 2008. Tanggapan Pertumbuhan dan Hasil Tomat (lycopersicum esculentum Mill) Terhadap Pemangkasan dan Pemberian Pupuk MajemukNPK Mutiara Pada Tanah Mineral.Skripsi.Faperta Unpar.

Sutarpradya. 2002. Pupuk dan Pemupukan. Pustaka Buana. Bandung

Sutedjo. 2000. Pupuk dan Cara Pemupukan. Penerbit Rineka Cipta. Jakarta.

Toha, H. M., A.K. Makarim, dan S. Abdulrachman. 2001. Pemupukan NPK padaVarietas IR64 di Musim Ketiga Pola Indeks Pertanaman Padi 300.Penelitian Pertanian Tanaman Pangan. 20(1): 40-49.

Wibawa, G. 2003. Dasar-Dasar Fisiologi Tanaman. Suryandra Utama. Semarang.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.