PENGARUH PEMBERIAN LIMBAH TAHU TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN KACANG HIJAU (Vigna radiata L)

Nurul Hikmah

Sari


ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh pemberian limbah industri cair tahu  terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman kacang hijau. Penelitian ini dilaksanakan di desa Matang Mesjid Kecamatan Peusangan Kabupaten Bireuen yang berlangsung dari bulan Desember 2015 sampai bulan Febuari 2016. Rancangan penelitian menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) non faktorial dengan tiga kelompok (ulangan), yang terdiri atas satu perlakuan; Pemberian limbah industri cair tahu (T). Variabel yang diamati yaitu tinggi tanaman, jumlah bunga, jumlah polong/ tanaman, jumlah biji/polong dan berat biji kering. Variabel penelitian dianalisis dalam sidik ragam dan apabila berpengaruh nyata dilakukan uji lanjut dengan uji beda nyata terkecil (BNT) pada taraf 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian limbah industri cair tahu berpengaruh sangat nyata terhadap berat biji kering pada panen 1, panen 2 dan panen 3 dan tidak berpengaruh nyata terhadap tinggi tanaman pada umur 15, 30 dan 45 HST, jumlah bunga pada umur 30 HST dan 45 HST, jumlah polong jumlah dan jumlah biji/polong pada panen I,II dan III. Hasil terbaik di jumpai pada perlakuan T2 dengan berat biji kering /polong/tanaman (gram).

Kata kunci: Kacang hijau, limbah industri cair tahu.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Andrianto, T T. dan Indarto, N., 2004. Budidaya dan Analisis Tani Kedelai, Kacang Hijau, Kacang Panjang. Absolut. Yogyakarta.

Indahwati. 2008. Pengaruh Pemberian Limbah Cair Tahu terhadap Pertumbuhan Vegetatif Cabai Merah (Capsicum Annuum. L) Secara Hidroponik dengan Metode Kultur Serabut Kelapa. Skripsi . Malang: Program Studi Pendidikan Biologi Jurusan Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah.

Pohan, N. 2008. Pengolahan Limbah Cair Tahu dengan Proses Biofilter Aerobik. Skripsi. Medan: Sekolah Pascasarjana Universitas Sumatera Utara

Purwono dan R. Hartono,. 2012. Seri Agribisnis : Kacang Hijau. Penerbit Penebar Swadaya; Jakarta.

Rosallina, Nur. 2008. Pengaruh Konsentrasi dan Frekuensi Penyiraman Air Limbah Tempe sebagai Pupuk Organik terhadap Pertumbuhan dan Hasil Tomat (Lycopersicum esculentum Mill.). skripisi. Malang: Jurusan Biologi Universitas Islam Negeri Malang.

Rukmana. R., 2000. Kacang Hijau Budidaya dan Pasca Panen. Kanisius. Yogyakarta.

Sarwono 2004. Sifat Limbah Tahu. Jakarta

Setiawan, 2009. Pengolahan Limbah Cair Tahu. 8 http://www. anakagronomy. Com /2013/ 01/ laporan-praktikumpengaruh-limbah. html.Diakses Pada Tanggal 21 Maret 2013.

Siswoyo, 2000. Kesuburan Tanah dan Pemupukan Universitas Sumatera Utara Medan.

Sugiharto. 1997. Dasar-dasar Pengolahan Air Limbah. Jakarta: Universitas Indonesia (UI) Press

Sutejo, M M.2000. Pupuk dan Cara Pemupukan. Rineka Cipta. Jakarta.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.