PENGARUH PENGGUNAAN MIKRO ORGANISME LOKAL LIMBAH RUMAH TANGGA DAN NPK TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN KACANG HIJAU (Vigna radiata L)

MILLATINA .

Sari


ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan mengetahui  pengaruh pemberian Mikro organisme lokal limbah rumah tangga dan pupuk NPK  terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman kacang hijau. Penelitian ini dilaksanakan di desa Matang Mesjid Kecamatan Peusangan Kabupaten Bireuen yang berlangsung dari bulan Desember 2015 sampai bulan Febuari 2016. Rancangan penelitian menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) faktorial dengan tiga kelompok (ulangan), yang terdiri atas dua perlakuan; Pemberian Mol Limbah rumah tangga (M) dan pemberian Pupuk NPK (P). Variabel yang diamati yaitu tinggi tanaman, jumlah tangkai bunga, jumlah polong/ tanaman, bobot biji kering dan berat berangkasan tanaman. Variabel penelitian dianalisis dalam sidik ragam dan apabila berpengaruh nyata dilakukan uji lanjut dengan uji beda nyata terkecil (BNT) pada taraf 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian MOL limbah rumah tangga berpengaruh sangat nyata terhadap jumlah tangkai bunga pada umur 30 dan 60 HST dan berat berangkasan tanaman kacang hijau dan tidak berpengaruh nyata terhadap tinggi tanaman pada umur 15, 30 dan 45 HST, jumlah tangkai  bunga pada umur 45 HST, jumlah biji/polong dan berat biji/polong pada panen I,II dan III. Pemberian pupuk NPK berpengaruh sangat nyata terhadap tinggi tanaman, jumlah tangkai bunga, jumlah biji/polong pada panen I dan berat berangkasan tanaman dan  tidak berpengaruh nyata terhadap jumlah biji/polong panen, II dan III dan berat biji/polong pada panen I,  II dan III. Terdapat  interaksi yang nyata antara perlakuan pemberian MOL dengan Pupuk NPK terhadap jumlah tangkai  bunga tanaman kacang hijau pada umur 30 HST. Perlakuan terbaik dijumpai kombinasi perlakuan pemberian MOL dengan konsentrasi 10 ml/liter air dengan pemberian pupuk NPK dengan dosis 2.5 gram/tanaman (M1P1) dan pada perlakuan pemberian MOL dengan konsentrasi 20 ml/liter air dan pupuk NPK dengan dosis 7.5 gram/tanaman (M2P3).

 

Kata kunci: Kacang hijau, MOL Limbah Rumah Tangga, pupuk NPK


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Bagaskara, 2011. Pengaruh Pemberian Pupuk NPK Terhadap Pertumbuhan Kacang Jenis Gajah.

Hardjowigeno, 2003. Ilmu Tanah. Akademika Pressindo. Jakarta.

Khalil, M. 2000. Penentuan Waktu Tanam Kacang Tanah dan Dosis Pupuk posfat

Lakitan, 2007. “Dasar-dasar Fisiologi Tumbuhan”. Grafindo Persada, Jakarta.

Lingga dan Marsono. 2005. Petunjuk Penggunaan Pupuk. Penebar Swadaya. Jakarta.

Maharani B, 2011. Pengaruh pemberian Pupuk Hayati (Biofertilizer) dan Media Tanam Terhadap Kacang Hijau (Vigna Radiata L) Program stusi S1 Biologi, Departemen Biologi, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Airlangga, Surabaya.

Musdamar , E. I. 2003. Pupuk Organik Padat. Penebar Swadaya, Jakarta

Panudju, T. I. 2011. Pedoman Teknis Pengembangan Rumah Kompos Tahun Anggaran 2011. Direktorat Perluasan Dan Pengelolaan Lahan, Direktorat Jenderal Prasarana Dan Sarana Pertanian Kementerian Pertanian. Jakarta.

Purwendro, S dan Nurhidayat. 2009. Mengolah Sampah Untuk Pupuk dan Pestisida Organik Sampah. Jakarta : Penebar Swadaya.

Supriadi G. 2003. Sifat dan Ciri Tanah. Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor.

Sutedjo, M. M. 2002. Pupuk dan Cara Pemupukan. Rineka Cipta. Jakarta.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.