APLIKASI PUPUK HIJAU DAUN KELOR DAN PUPUK KANDANG AYAM TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN CABAI MERAH (Capsicum annuum L.)

Hendra Saputra

Sari


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aplikasi pupuk hijau daun kelor dan pupuk kandang ayam terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman cabai merah. Penelitian ini dilakukan pada lahan kering di Desa Bada Barat Kecamatan Jangka Kabupaten Bireuen, pada ketinggian tempat 25 meter di atas permukaan laut, pada bulan November 2017 sampai dengan Januari 2018. Rancangan percobaan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK) nonfaktorial yaitu :Pemberian pupuk hijau daun kelor (D) terdiri dari  4 taraf yaitu: D0 = Tanpa aplikasi pupuk hijau daun kelor, D1= 6 ton/ha ( 0,3 kg/ tanaman), D2 = 8 ton/ha (0,4 kg/tanaman), D3 = 10 ton/ha (0,5 kg/tanaman). Parameter yang diamati dalam penelitian ini adalah tinggi tanaman, diameter batang umur 25, 50, 75 HST dan jumlah buah, berat buah umur 75 HST.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pupuk hijau daun kelor berpengaruh sangat nyata terhadap semua parameter pengamatan. Perlakuan terbaik dijumpai pada D3 = 10 ton/ha (0,5 kg/tanaman).

Kata Kunci : Pupuk hijau daun kelor, Dosis, Cabai merah


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Barus, L.E. 2005. Pengaruh pemberian pupuk hijau dan fosfat alam terhadap pertumbuhan dan produksi kedelai (Glycine max (L.) Merr) panen muda dengan sistem pertanian organik.(Skripsi).Institut Pertanian Bogor.

Erida. 2014. “Efektifitas Pupuk Organik Terhadap Pertumbuhan dan HasilCabai Merah”, Jurnal Floratek.

Harpenas, Asep dan R. Dermawan. 2010. Budidaya Cabai Unggul, Cabai Besar, Cabai Keriting, Cabai Rawit dan Paprika. Jakarta:Swadaya.

Hafizah, N. 2012.Pengaruh Pemberian Pupuk Organik Cair dan Fosfor Terhadap Pertumbuhan dan Hasil Cabe Merah Pada Lahan Rawa Lebak.Kalimantan Tengah: Fakultas Pertanian Universitas Palangkaraya.

Jusuf, L. 2006. Potensi Daun kelor Sebagai Bahan Pupuk Organik Cair Melalui Perlakuan Fermentasi. Jurnal Agrisistem

Melati, M. dan W. Andriyani. 2005. Pengaruh pupuk kandang dan pupuk hijau Calopogonium mucunoides terhadap pertumbuhan dan produksi kedelai (Glicine max (L.) Merr) panen muda yang dibudidayakan secara organik.Bul. Agron. 33(2):8-15.

Nugroho, Panji. 2012.Panduan Membuat Pupuk Kompos Cair.Putaka Baru Press: Yogyakarta.

Sutanto, Rachman. 2002. Pertanian Organik, Menuju Pertanian Alternatif dan Berkelanjutan.Penerbit Kanisius: Yogyakarta.

Sutedjo, M. M. 2008. Pupuk Dan Cara Penggunaan. Rineka Cipta. Jakarta.

Syukur, Muhammad. 2013. Cabai Prospek Bisnis dan Teknologi Mancanegara. Bogor: Swadaya


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.