PENGEMBANGAN KREATIVITAS MAHASISWA PGSD MELALUI METODE BRAINSTORMING PADA MATA KULIAH ILMU PENDIDIKAN

Sarah Fazilla

Sari


ABSTRAK

Peningkatan mutu pendidikan tidak terlepas dari peran pendidik, dikarenakan dalam proses pembelajaran diharapkan mampu memilih metode pembelajaran yang tepat sehingga dapat mengembangkan sikap ilmiah dan kritis terhadap permasalahan dan memiliki kreativitas yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk melihat perkembangan kreativitas mahasiswa melalui metode brainstorming pada mata kuliah ilmu pendidikan. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan desain deskriptif, yang dilaksanakan di Universitas Almuslim dengan subjek mahasiswa semester 1 Prodi PGSD. Instrumen yang digunakan adalah pedoman wawancara, observasi dan angket. Hasil penelitian yang didapatkan dari wawancara, observasi, angket dan studi dokumentasi pada mahasiswa PGSD semester I diperoleh bahwa penerapan metode brainstorming dalam pembelajaran IPA mampu mengembangkan kreativitas mahasiswa, terlihat dengan adanya ide-ide kreatif yang disampaikan dalam kegiatan diskusi terhadap masalah yang terkait konsep pada mata kuliah ilmu pendidikan, mahasiswa juga diberi kesempatan lebih luas untuk menyampaikan gagasan terhadap masalah dalam diskusi di kelas. Metode ini juga dapat mengembangkan sikap ilmiah dan kreatifitas mahasiswa. Hasil observasi juga memperlihatkan semua ide yang disampaikan diterima dengan baik dan secara bersama mencari solusi untuk permasalahan yang muncul saat diskusi. Disimpulkan bahwa penerapan metode brainstorming dalam pembelajaran IPA dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan sikap ilmiah mahasiswa.

Kata kunci: metode, brainstorming, kreativitas, ilmu pendidikan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


REFERENSI

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Budiarti, Yesi. 2015. Pengembangan Kemampuan Kreativitas dalam Pembelajaran IPS. Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro ISSN: 2442-9449 Vol.3.No.1 (2015) 61-72.

http://fkip.ummetro.ac.id/journal/index.php/ekonomi/article/view/143/114. (diakses 25-02-2018).

Boden, M.A. 1998. Creativity and Artificial Intelligence. Artificial Intelligence Journal, Vol. 103, Issues 1–2, August 1998, Pages 347-356.

https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S0004370298000551 (diakses 26-02-2018).

Djamarah, S.B dan Zain, A. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Damayanti, N.p dan Pudjawan. 2016. Pengaruh Metode Pembelajaran Brainstorming terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SD. Jurnal. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD Vol. 4 No. 1 Tahun 2016. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/7480 (diakses 09-09-2017).

Gie, The Liang. 2003. Teknik Berpikir Kreatif. Yogyakarta: Sabda Persada.

Hamalik, Oemar. 2002. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi.

Harris, Robert. 1998. Introduction to Creative Thinking.

http://fac.ksu.edu.sa/sites/default/files/introduction_to_creative_thinking_robert_harris.pdf (diakses 26-02-2018).

Madjid, A. 2011. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rachmawati, Tutik dan Daryanto. 2015. Teori Belajar dan Proses Pembelajaran yang Mendidik. Jakarta: Gava Media.

Roestiyah. 2001. Metode Pembelajaran Curah Pendapat (Brainstorming). Jakarta: Bumi Aksara.

Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

Wulandari, Septi. dkk. 2014. Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar melalui Metode Brainstorming. Jurnal. http://download.portalgaruda.org/article.php?article=288685&val=7239&title=PENINGKATAN%20AKTIVITAS%20DAN%20HASIL%20BELAJAR%20MELALUI%20METODE%20BRAINSTORMING. (diakses 03-09-2017.

Widowati, Asri. 2013. Brainstorming sebagai Alternatif Pengembangan Berfikir Kreatif dalam Pembelajaran Sains Biologi. Jurnal Biologi Edukasi.

http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/JBE/article/view/443. (diakses 25-02-2018).


Refbacks

  • »
  • »
  • »