UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) PADA MATERI BAGIAN-BAGIAN TUMBUHAN DAN FUNGSINYA DI KELAS IV.B MIN SAMUTI TAHUN AJARAN 2015/2016
Sari
ABSTRAK
Rendahnya hasil belajar siswa kelas IV.B MIN Samuti Kecamatan Gandapura disebabkan siswa kurang menyenangi pembelajaran Tematik IPA, karena metode yang digunakan masih kurang tepat, materi berpusat pada guru, siswa tergolong pasif pada pelajaran Tematik IPA, sehingga hasil belajar siswa rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) ada tidaknya peningkatan hasil belajar siswa; 2) aktivitas guru dan siswa terhadap peningkatan hasil belajar siswa melalui pembelajaran Creative Problem Solving (CPS). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV.B MIN Samuti Kecamatan Gandapura yang berjumlah 23 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes akhir siklus, observasi dan angket. Teknik pengolahan data menggunakan rumus persentase. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa dari 21,74 % pada pra penelitian meningkat menjadi 60,87 % pada siklus I dan meningkat menjadi 95,65 % pada siklus II. Pembelajaran melalui model Creative Problem Solving (CPS) dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa, persentase aktivitas guru dan siswa pada setiap siklus yaitu siklus I (78%) dan siklus II (95%) untuk aktivitas guru. Sedangkan untuk aktivitas siswa siklus I (68%) dan siklus II (93%). Model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi bagian-bagian tumbuhan dan fungsinya di kelas IV.B MIN Samuti Tahun ajaran 2015/2016.
Kata kunci: Creative Problem Solving, hasil belajar
Teks Lengkap:
PDFReferensi
REFERENSI
Arikunto, S. 2007. Prosedur Penelitian Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Dewi, E P. 2008. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) dalam Pembelajaran Matematika terhadap Kemampuan Penalaran Adaptif Matematika Siswa SMA. Bandung: Skripsi FPMIPA UPI (tidak diterbitkan).
Dimiyati dan Mudjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamalik, Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Mulyono, A. 2003. Pendidikan bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.