PERAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN

Siraj .

Sari


ABSTRAK

Suatu proses pembelajaran akan berlangsung secara baik jika dilaksanakan oleh guru yang memiliki kualitas kompetensi akademik dan profesional yang memadai. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapat informasi tentang: 1) kompetensi guru dalam menyusun program pembelajaran sebagai upaya meningkatkan mutu pembelajaran; 2) program yang dilaksanakan guru sebagai upaya meningkatkan mutu pembelajaran di SMA Negeri 1 Gandapura Kabupaten Bireuen. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Subjek penelitian adalah guru yang sudah sertifikasi. Hasil penelitian menunjukkan: 1) adanya heterogenitas perbedaan antara tuntutan teoritis dengan kenyataan empiris dalam hal profil kompetensi profesional guru-guru SMA Negeri 1 Gandapura Kabupaten Bireuen; 2) pada pelaksanaan kegiatan pembelajaran, upaya yang dilakukan guru untuk meningkatkan penguasaan pengelolaan program belajar mengajar adalah dengan melakukan pemahaman dan pendalaman terhadap rencana pelaksanaan pembelajaran yang akan disampaikan.

Kata Kunci: kompetensi, profesional, mutu, pembelajaran

PENDAHULUAN

Guru memegang peranan penting dan strategis dalam suatu proses pembelajaran. Proses pembelajaran sebagai suatu aktivitas untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan sikap berkaitan langsung dengan aktivitas guru. Sebagai suatu sistem kegiatan, proses pembelajaran melibatkan guru mulai dari pemilihan dan pengurutan materi pembelajaran, penerapan dan penggunaan berbagai metode, pendekatan, strategi serta model pembelajaran, penyampaian materi pembelajaran, pembimbingan belajar dan kegiatan mengevaluasi hasil belajar siswa di sekolah. Guru yang professional akan menjadi agen pembaharuan pembelajaran yang penuh dengan inovasi. Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengembangkan intelegensinya, berimprovisasi, mengajak siswa berkreasi sendiri, inovatif, apresiatif dalam mengembangkan pengetahuannya.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Dharma, Surya. 2008. Penilaian Kinerja Guru. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Musfah, Jejen. 2011. Peningkatan Kompetensi Guru. Jakarta: Kencana.

Suprihatingrum, Jamil. 2013. Guru Profesional. Yogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Suyanto; Asep, Djihad. 2013. Calon Guru dan Guru Profesional. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Syafaruddin; Irwan, Nasution. 2005. Manajemen Pembelajaran. Jakarta: Quantum Teaching.

Uno, B Hamzah. 2011. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Umiarso; Imam, Gojali. 2010. Manajemen Mutu Sekolah. Yogyakarta: IRCiSoD.

Yamin, Martinis; Maisah. 2009. Manajemen Pembelajaran Kelas. Jakarta: Gaung Persada.

Zuriah, Nurul. 2006. Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.


Refbacks

  • »
  • »