PENERAPAN METODE FUZZY TAHANI PADA SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENERIMAAN BEASISWA

Iqbal .

Sari


ABSTRAK

Setiap warga negara berhak mendapatkan pengajaran. Hak setiap warga negara tersebut telah dicantumkan dalam pasal 31 (I) UUD 1945 bagi setiap peserta didik pada setiap satuan pendidikan berhak mendapatkan biaya pendidikan bagi mereka yang orang tuanya tidak mampu membiayai pendidikannya dan berhak mendapatkan beasiswa bagi mereka yang berprestasi. Sistem pendukung keputusan merupakan seperangkat sistem yang mampu memecahkan dan menentukan masalah secara efektif dan efisien dalam berbagai alternatif. Pemilihan mahasiswa dalam penerimaan beasiswa merupakan persoalan yang membutuhkan banyak pertimbangan. Untuk mendapatkan hasil penerimaan beasiswa maka dibutuhkan suatu proses penerimaan beasiswa berdasarkan subyektifitas, manfaat proses pemilihan bertujuan untuk mendapatkan prioritas penerimaan beasiswa berdasarkan kriteria-kriteria yang telah ditentukan. Keputusan yang merupakan hasil pengolahan informasi diperoleh dengan menggunakan model pengambilan keputusan Fuzzy Tahani.

Kata Kunci: fuzzy tahani, beasiswa, SPK

PENDAHULUAN

Pengambilan keputusan adalah proses pemilihan, diantara berbagai alternatif yang bertujuan untuk memenuhi satu atau beberapa sasaran. Sistem pengambilan keputusan memiliki 4 fase, yaitu intelligence, design, choice dan implementation. Fase 1 sampai 3 merupakan dasar pengambilan keputusan yang diakhiri dengan suatu rekomendasi. Pemecahan masalah tak hanya mengacu ke solusi dari area masalah tetapi mencakup juga penyelidikan mengenai kesempatan yang ada.

Penentuan mahasiswa sebagai penerima beasiswa merupakan masalah yang membutuhkan banyak pertimbangan. Proses penentuan penerima beasiswa yaitu untuk mendapatkan hasil prioritas penerima beasiswaberdasarkan kriteria yang telah ditentukan.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Agus, Naba. 2009. Belajar Cepat dan Mudah Fuzzy Logic Menggunakan Matlab. Yogyakarta: Andi.

Eliani; Utomo Pujianto; Didin Rosyadi. 2009. Jurnal Dicision Support System Untuk Pembelian Mobil Menggunakan Fuzzy Database Model Tahani.

Faiza, Rini. 2008. Jurnal Klasifikasi Kelulusan STMIK Nurdin Hamzah Menggunakan Fuzzy Database.

Kusumadewi; Hartati. 2010. Neuro Fuzzy Integrasi Sistem Fuzzy dan Jaringan Syaraf. Edisi 2. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Maria Irmina Prasetiyowati; Bayu Aji Seta. 2007. Jurnal Implementasi Fuzzy Database Untuk Rekomendasi Jalur Peminatan Mahasiswa.

Rian Angraini; Wawan Indarto; Sri Kusumadewi. 2004. Jurnal Pencarian Kriteria Kelulusan Menggunakan Metoda Fuzzy Tahani.

Suryadi; Ramahani. 2002. Sistem Pendukung Keputusan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.


Refbacks

  • »