IDENTIFIKASI MOLEKUL PTEN SEBAGAI BIOMARKER DIAGNOSIS PADA PLASMA DARAH DENGAN METODE RT-PCR

Andri ., Yudha Bintoro

Sari


ABSTRAK

Kanker adalah salah satu penyakit dengan persentase insidensi yang sangat tinggi di Indonesia. Penyakit ini tidak memiliki tanda atau gejala khusus pada stadium awal sehingga pengobatan pasien dilakukan pada stadium lanjut. Tingginya tingkat progresivitas sel KNF dan adanya resistensi obat mempengaruhi tingkat kesembuhan pasien. PTEN merupakan salah satu molekul yang berperan aktif terhadap proses regulasi dan metabolisme sel serta memiliki keterlibatan pada progresivitas dan resistensi pengobatan. Perubahan ekspresi pada molekul ini menjadi salah satu biomarker yang sangat penting untuk mengetahui kelainan penyakit. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi PTEN pada plasma darah pasien karsinomanasofaring. Penelitian ini dilakukan secara cross-sectional. Sampel penelitian berjumlah 42 sampel. Penelitian terbagi atas empat tahapan, yaitu isolasi total RNA, sintesis cDNA dan qRT-PCR. Hasil penelitian menunjukkan bahwa molekul PTEN teridentifikasi pada semua sampel plasma pasien karsinomanasofaring yang diuji dengan metode RT-PCR.

Kata Kunci: PTEN, karsinomanasofaring, biomarker

PENDAHULUAN

Karsinomanasofaring adalah salah satu kanker dengan tingkat insidensi yang tinggi di Indonesia. Penyakit ini tidak memiliki gejala atau tanda khusus dan sebagian besar pengobatan pasien dilakukan pada stadium lanjut. Diperlukan informasi yang lebih akurat untuk memahami regulasi sel normal dan membandingkannya dengan perubahan ekspresi suatu molekul lainnya pada saat mengalami penyakit.

PTEN merupakan salah satu molekul yang berpotensi sebagai biomarker. Deregulasi ekspresi pada beberapa kanker dapat menjadi metode baru dalam melakukan diagnosis, prognosis serta respon terapi1. PTEN sangat penting terhadap regulasi PI3K/Akt. Jalur itu merupakan jalur biologi yang berperan pada proses regulasi keberadaan substrat phosphatase di dalam sel, akumulasi PI3K/Akt ini akan mempengaruhi inhibisi apoptosis, peningkatan proliferasi, tumorigenesis dan angiogenesis pada sel kanker.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa, hampir semua obat kanker yang diberikan pada pasien tidak bekerja secara optimal. Banyak mekanisme jalur biologi yang terlibat didalamnya. Pemahaman terhadap peran molekul biologi yang terlibat pada kanker akan menambah informasi yang berguna dalam pengembangan model target terapi berbasis molekuler maupun pengembangan biomarker pada berbagai penyakit.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Cortez, M.A; dkk. 2011. MicroRNAs in Body Fluids the Mix of Hormones and Biomarkers. Nat. Rev. Clin. Oncol. 8, 467–477.

Schwarzenbach, H; dkk. 2014. Clinical Relevance of Circulating Cell-Free microRNAs in Cancer. Nat. Rev. Clin. Oncol.

Xu, L-f; dkk. 2014. MicroRNA-21 Regulates Cellular Proliferation, Invasion, Migration and Apoptosis by Targeting PTEN, RECK and Bcl-2 in Lung Squamous Carcinoma, Gejiu City, China.

Yamamichi, N; dkk. 2009. Locked Nucleic Acid in Situ Hybridization Analysis of miR-21 Expression During Colorectal Cancer Development. Clin. Cancer Res.15: 4009-4016.

Liu, Z.L; dkk. 2013. miR-21 Expression Promotes Growth, Metastasis and Chemo or Radioresistance in non-small Cell Lung Cancer Cells by Targeting PTEN. Mol Cell Biochem. 372: 35–45.

Borel, F, Konstantinova, P; Jansen, P.L.M., 2012. Diagnostic and Therapeutic Potential of miRNA Signatures in Patients with Hepatocellular Carcinoma. Journal of Hepatology. Vol. 56. 1371–1383.

Xu, X; dkk. 2004. Expression and Significance of PTEN in Nasopharyngeal Carcinoma. Journal of Clinical Otorhinolaryngology. Vol. 18, no. 11, pp. 658–659.

Li, X; dkk. 2014. Inhibition of microRNA 21 Upregulates the Expression of Programmed Cell Death 4 and Phosphatase Tensin Homologue in the A431 Squamous Cell Carcinoma Cell Line. Oncology Letters. 8: 203-207.

Simpson, L; Parsons, R. 2001. PTEN: Life as a Tumor Suppressor. Exp. Cell Res. 264, 29–41.

Song, M.S; dkk. 2012. The Functions and Regulation of the PTEN Tumour Suppressor. Nat. Rev. Mol. Cell Biol.13:283-96.

Calin, GA; dkk. 2004. Human microRNA Genes are Frequently Located at Fragile Sites and Genomic Regions Involved in Cancers. Proc Natl Acad Sci. USA 101: 2999-3004.

Iorio, M.V; dkk. 2012. microRNA Involvement in Human Cancer. Ohio State University, Columbus, OH 43210, USA.

Saal, L.H; dkk. 2008. Recurrent Gross Mutations of the PTEN Tumor Suppressor Gene in Breast Cancers with Deficient DSB Repair. Nat. Genet. 40, 102–107.

Chin, L.J. 2008. A SNP in a let-7 microRNA Complementary Site in the KRAS 3’ Untranslated Region Increases non-small Cell Lung Cancer Risk. Cancer Res.68: 8535–8540.

McLornan, D.P; dkk. 2007. Molecular Mechanisms of Drug Resistance in Acute Myeloid Leukemia. Expert Opin. Drug Metab. Toxicol. 3:363–377.

Stiles, B; dkk. 2004. PTEN Less Means More. Dev Bio. 273: 175–184.


Refbacks

  • »
  • »
  • »
  • »
  • »
  • »
  • »
  • »