KOMITMEN PETUGAS PELAYANAN TERHADAP PENERAPAN MANAJEMEN KESEHATAN LINGKUNGAN RUMAH SAKIT TK IV IM 07 01 LHOKSEUMAWE PROVINSI ACEH

Alhuda .

Sari


ABSTRAK

Komitmen petugas pelayanan kesehatan rumah sakit merupakan faktor yang sangat penting untuk menghasilkan pelayanan kesehatan lingkungan yang bermutu dan berkualitas di rumah sakit. Komitmen petugas pelayanan kesehatan tidak dapat dipisahkan dari penerapan manajemen kesehatan lingkungan Rumah Sakit TK IV IM 07 01 Lhokseumawe yang meliputi dimensi input, proses dan output. Penelitian ini betujuan menganalisis hubungan penerapan manajemen dalam pengelolaan manajemen kesehatan lingkungan yang meliputi input, proses dan output dengan komitmen petugas. Penelian ini menggunakan jenis penelitian survai dengan tipe eksplanatori pada 104 petugas pelayanan kesehatan di Rumah Sakit TK IV IM 07 01 Lhokseumawe. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara berpedoman pada kuesioner yang diberikan pada petugas pelayanan kesehatan rumah sakit. Uji statistik dilakukan dengan uji chi square. Hasil penelitian menunjukkan variabel penerapan manajemen kesehatan Rumah Sakit TK IV IM 07 01 Lhokseumawe yaitu input meliputi petugas pelayanan (p=0,005), variabel proses meliputi perencanaan organisasi dan pemantauan evaluasi (p=0,016), variabel output (p=0,005). Maka dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara komitmen petugas pelayanan terhadap manajemen kesehatan lingkungan Rumah Sakit TK IV IM 07 01 Lhokseumawe. Perlu peningkatan dan pengelolaan limbah cair maupun limbah padat dengan mengaktifkan mesin incinerator dan penggunaan IPAL yang baik dan terkendali di lingkungan Rumah Sakit TK IV IM 07 01 Lhokseumaawe.

Kata Kunci: kesehatan lingkungan, limbah, komitmen petugas, manajemen

PENDAHULUAN

Peranan petugas kesehatan lingkungan sangat dominan dalam meningkatkan mutu pelayanan kesehatan lingkungan guna mencegah dampak lingkungan yang menyebabkan penyakit. Akibat proses kegiatan atau limbah yang dibuang tanpa pengelolaan yang benar dapat membahayakan para petugas, pasien maupun masyarakat. RS TK IV IM 07 01 Lhokseumawe terletak di Wil. Korem 011/LW Jln. Samudera Kota Lhokseumawe. Jangkauan wilayahnya adalah Teritorial Korem 011/LW, yaitu Kota Lhokseumawe, Kab. Aceh Utara, Kab. Aceh Tengah, Kab. Bener Meriah, Kab. Gayo Lues, Kab. Pidie, Kab. Aceh Timur, Kota Langsa, Kab. Aceh Tenggara dan Kab. Aceh Tamiang dengan batas utara Selat Malaka, sebelah timur Selat Malaka dan Kab. Langkat Sumut, sebelah selatan Kab. Aceh Selatan dan Kab. Aceh Barat, sebelah barat Kab. Aceh Besar.

Menurut survei awal yang dilakukan pada 25 Agustus 2015, kondisi kesehatan lingkungan RS TK IV IM 07 01 Lhokseumawe sangat memprihatinkan dari aspek pengelolaan kesehatan lingkungan. Air selokan disekeliling RS berasal dari limbah pelayanan klinik, laundry, dapur, kantin, pelayanan rawat jalan, rawat inap, gawat darurat, kamar bedah dan pelayanan medis. Limbah tersebut bercampur dengan limbah lain yang ada di selokan dan umumnya berasal dari limbah rumah tangga dan perkantoran sekitar selokan. Semua limbah yang ada di selokan, mengalir ke muara waduk dan ke laut tanpa dilakukan pengolahan limbah terlebih dahulu sebagaimana yang telah diatur dalam UU. Limbah buangan tersebut berwarna hitam dan sangat berbau serta berpotensi mencemarkan lingkungan, yang beresiko tinggi dan berdampak terhadap kesehatan warga rumah sakit dan masyarakat yang tinggal di sekitar RS TK IV IM 07 01 Lhokseumawe, terutama pada musim hujan karena air selokan meluap dan masuk ke rumah warga. Masyarakat dan nelayan yang bermukim di muara pantai maupun waduk di sekitar kota Lhokseumawe mempunyai resiko paling tinggi terkena dampak pencemaran lingkungan. Penelitian ini bertujuan mengetahui komitmen petugas pelayanan kesehatan RS terhadap manajemen kesehatan lingkungan RS TK IV IM 07 01 Lhokseumawe

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Agustina, M. 2009. Pengelolaan Limbah Medis Padat di RSU PHC Surabaya. Surabaya: Universitas Airlangga.

Arif, Sumantri. 2011. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Kencana.

Arita, Murwani. 2012. Manajemen Kesehatan dan Rumah Sakit. Yogyakarta: Andi.

Bapeldalda, NAD. 2008. Laporan Kunjungan Lapangan Rumah Sakit. Nangroe Aceh Darussalam

Burgin, B. 2003. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Darrmanto, D. 1997. Kiat Mengelola Rumah Sakit. Jakarta.

Depkes, RI. 2004. Keputusan Menkes RI No. 1204/Menkes/SK/X/2004 Tentang Prasyarat Kesehatan Lingkungan RS.

_____. 2001. Keputusan Menkes RI No. 875/Menkes/SK/VIII/2001 tentang Penyusunan Upaya Pengelolaan dan Pemantauan Lingkungan (UKL-UPL) Kegiatan Bidang Kesehatan.

_____. 2003. Sistem Kesehatan Nasional. Jakarta.

_____. 2002. Pedoman Manipulasi Lingkungan dalam Rangka Pengendalian Vektor, Direktorat Jendral Pemberantasan Penyakit Menular dan Penyehatan Lingkungan.

_____. 1994. Pedoman Sanitasi RS di Indonesia. Jakarta: Dirjen PPM Dan PLP Dekes RI.

_____. 1995. Pedoman RS di Indonesia. Jakarta: Dirjen PPM/PLP dan Dirjen Pelayanan Medik.

Hidayat, Alimul. 2007. Metode Penelitian dan Teknik Analisis Data. Jakarta: Salemba Medika.

Munaya, F. 2005. Pengelolaan Aman Limbah Layanan Kesehatan. Jakarta: EGC.

Muninjaya, A.A Gde. 2004. Manajemen Kesehatan. Jakarta: ECG.

Notoatmodjo, Soekidjo. 2007. Ilmu Kesehatan Masyarakat dan Seni. Jakarta: Rineka Cipta.

Peraturan Menkes RI No. 340/Menkes/Per/III/2010 tentang Klasifikasi RS. Jakarta: Depkes RI.

Riwidikdo, Handoko. 2009. Statistik Kesehatan. Yogyakarta: Mitra Cendika Press.

Robbins, SP; Judge. 2007. Perilaku Organisasi. Jakarta : Salemba Empat.

Sugeha, B.S. 2008. Analisis Penerapan Kebijakan Limbah Cair RS Berbasis Keselamatan dan Kesehatan Kerja: Evaluasi Dampak Kebijakan dengan Menyertakan Resiko dan Ergonomik Disertasi S3. Yogyakarta: UGM.

Subanegara. 2005. Diamond Head Drill dan Kepemimpinan Manajemen RS. Yogyakarta: Andi.

Trisnantoro, L. 2005. Manajemen Rumah Sakit. Yogyakarta: Andi.

Wikantadhi, D.A. 2006. Faktor Lingkungan yang Mempengaruhi Pengelolaan Sampah di RSUD Penembahan Senopati Kabupaten Bantul. Yogyakarta: Tesis S2 Universitas Gajah Mada.

Wiku, Adisasmito. 2007. Sistem Manajemen Lingkungan RS. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Zuckerman. 1998. Aspek Strategis Manajemen Rumah Sakit. Yogyakarta: Andi.

Zurnaili, Cut. 2010. Learning Organization, Competency, Organizational Commitment dan Customer Orientation: Knowledge Worker-Kerangka Riset Manajemen Sumberdaya Manusia di Masa Depan. Bandung: Unpad Press.


Refbacks

  • »
  • »