PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LITERASI DALAM MENULIS KARANGAN SISWA SMPN BANDA ACEH
Sari
ABSTRAK
Penelitian ini berjudul “Penerapan Model Pembelajaran Literasi Dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan SMPN Banda Aceh”. Penelitian ini hanya tiga sekolah yaitu sekolah SMPN 1 Banda Aceh dan SMPN 3 Banda Aceh dan SMPN 16 Banda Aceh. Sampel dalam penelitian ini adalah 120 siswa yang diambil secara acak dari tiga sekolah tersebut. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan nontes. Pengolahan data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tes awal dan akhir kelas I SMPN Banda Aceh dari tiga sekolah SMPN 1 siswa, SMPN 3, SMPN 16 Banda Aceh pada siswa kelas I yang berjumlah 60 siswa sebelum dan sesudah diberi perlakuan dengan df sebesar 19 dan a (0,05), diperoleh nilai t-hitung sebesar 25,120 sedangkan nilai t-tabel N - 2 = 2,093. Hal ini memperlihatkan bahwa t-hitung lebih besar dari t-tabel (25,102 > 2,093) sehingga secara langsung terdapat perbedaan antara nilai hasil belajar siswa sebelum perlakuan dengan nilai hasil belajar siswa setelah diberikan perlakuan. Perbedaan tersebut juga sangat signifikan, hal ini dengan melihat nilai sig sebesar 0,000 atau lebih kecil dari a = 0,05. Hasi penelitian kelas II yang berjumlah 60 siswa hasil perbandingan nilai belajar siswa sebelum dan sesudah diberi perlakuan dapat dilihat bahwa dengan df sebesar 19 dan a (0,05), diperoleh nilai t-hitung sebesar 25,323. Sedangkan nilai t-tabel N - 1 = 2,093. Hal ini memperlihatkan bahwa t-hitung lebih besar dari t-tabel (25,323 > 2,093) sehingga secara langsung bisa dikatakan bahwa terdapat perbedaan antara nilai hasil belajar siswa sebelum perlakuan dengan nilai hasil belajar siswa setelah diberikan perlakuan. Perbedaan tersebut juga sangat signifikan, hal ini dengan melihat nilai sig sebesar 0,000 atau lebih kecil dari a = 0,05.
Kata kunci: penerapan, pembelajaran literasi dan menulis karangan.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
DAFTAR PUSTAKA
Ahmadi, Mukhsin. 1998. Materi Dasar Pengajaran Komposisi Bahasa Indonesia. Jakarta: Dirjen P2LPTK.
Gie, The Liang. 2002. Terampil Menulis. Yogyakarta: Andi.
Klein, Marven, L dkk.1991. Teaching Methodology. New York: Prentice hall.
Nurchasanah dan Widodo. 1993. Keterampilan Menulis dan Pengajarannya. Malang: FS UM. Kurniawan, 2007)
Nasir, Moh. 2006. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalian Indonesia
Suriamiharja Agus, M.Pd, dkk (1996/1997). Petunjuk Praktis Menulis. Jakarta: Depdikbud.
USAID. 2015. Pembelajaran Literasi Di Sekolah Menegah pertama/ Madrasah Tsanawiyah. EDC.