MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIVEMENT DIVISIONS (STAD) PADA MATERI BENTUK STRUKTUR SOSIAL DALAM KEHIDUPAN SISWA KELAS XI TATA BUSANA SMK NEGERI 3 MEULABOH TAHUN AJARAN 2012/2013

Mardiana Jamil

Sari


ABSTRAK

Tujuan penelitian untuk meningkatkan Prestasi Belajar IPS pada materi Bentuk Struktur Sosial Dalam Kehidupan siswa XI Tata Busana  SMK Negeri 3 Meulaboh Tahun Ajaran 2012/2013. Model yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah model student teams achievement division (STAD). Subyek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa Kelas XI Tata Busana  Busana, jumlah siswa adalah 18 siswa dengan dengan keseluruhan siswa perempuan.. Metodologi penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas terdiri dari dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Pada setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Prosedur penelitian terdiri dari pra penelitian, perencanaan siklus satu, pelaksanaan tindakan siklus satu, pengamatan siklus satu, refleksi siklus satu,perencanaan siklus dua, pelaksanaan tindakan siklus dua, pengamatan siklus dua dan refleksi siklus dua. Teknik pengumpulan data yaitu mengumpulkan nilai tes yang dilaksanakan pada setiap akhir pembelajaran pada setiap siklus dengan menggunakan instrument soal (tes tertulis). Data observasi dilakukan dengan melihat Prestasi Belajar IPS siswa pada proses pembelajaran. Data dianalisis dengan cara statistik persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa dari 37.23 % pada pra penelitian meningkat menjadi 66.66 % pada siklus I dan meningkat menjadi 80.00 % pada siklus II. prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari kategori cukup menjadi baik dan kategori baik meningkat menjadi sangat baik. Penerapan model student teams achievement division (STAD) dapat meningkatkan prestasidan hasil belajar IPS pada materi Bentuk Struktur Sosial Dalam Kehidupan siswa kelas XI Tata Busana  SMK Negeri 3 Meulaboh Tahun Ajaran 2012/2013.

Kata Kunci : Prestasi, Pembelajaran IPS dan kooperatif Tipe STAD

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, S. 2016. Penilaian Program Pendidikan. Proyek Pengembangan LPTK Depdikbud. Dirjen Dikti.

Nawawi. 1981. Hakikat perstasi Pembelajaran. Rosma Bandung

Sadly. 1977. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Marimba. 1978. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.


Refbacks

  • »
  • »