PENGAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TAKE AND GIVE PADA MATERI LINGKARAN

Nuraina .

Sari


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Take and Give. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Muara Batu sebanyak 6 kelas, sedangkan sampel adalah kelas XI-3 sebanyak 35 orang siswa, yang diambil secara acak. Adapun instrument penelitian adalah tes hasil belajar, lembar observasi dan angket. Data dianalisis sesuai dengan tingkat capaian tujuan efektivitas model pembelajaran Take and Give menggunakan statistik inferensial, aspek pemahaman siswa menggunakan statistik deskriptif dan aspek sikap menggunakan statistik inferensial. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh simpulan bahwa hasil belajar siswa dengan model pembelajaran Take and Give mencapai kelulusan 89,75% dan minat belajar siswa dengan model pembelajaran Take and Give mencapai 83,02%. Pembelajaran matematika dengan model pembelajaran Take and Give pada kelas XI SMA Negeri 1 Muara Batu pada topik lingkaran adalah efektif.

Kata Kunci: pembelajaran matematika, model pembelajaran take and give


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Anthony. 2006. Pendekatan Pemecahan Masalah. Bandung: Kaifa.

Istarani. 2011. 58 Model PembelajaranInovatif. Medan: Media Persada.

Ratumanan, 2004. Belajar dan Pembelajaran. Ambon: Unesa University Press.

Sanjaya. Wina. 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses.

Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Slameto, 2001. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Bina.


Refbacks

  • »
  • »
  • »
  • »