UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU KELAS V DALAM PEMBELAJARAN BERPUSAT KOOPERATIF MELALUI SUPERVISI KLINIS DI SD NEGERI 13 LANGSA TAHUN PELAJARAN 2015-2016
Sari
ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi masih kurangnya pemahaman guru tentang teknik dan pembelajaran berpusat kooperatif dalam kegiatan belajar mengajar, khususnya di SD Negeri 13 Langsa. Dalam Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) ini penulis mengajukan usulan tindakan agar guru-guru menerapkan pembelajaran berpusat kooperatif dalam kegiatan belajar mengajar sebagai upaya meningkatkan kemampuan guru kelas V. Tujuan khusus dari kegiatan PTS ini adalah untuk mengetahui kemampuan guru kelas V dengan model pembelajaran kooperatif melalui supervisi klinis di SD Negeri 13 Langsa tahun pelajaran 2015-2016. Hal ini dibuktikan dengan naiknya skor hasil kegiatan pembelajaran dari 49 menjadi 67 pada siklus 1 dan 78 pada siklus 2. Total kenaikan sebesar 59%. Proses supervisi klinis atau dalam hal ini pembimbingan dengan partisipasi aktif kepala sekolah sebagai peneliti, dari kondisi awal belum dilaksanakan semula 0 menjadi dilaksanakan dengan skor keberhasilan 18 pada siklus 1, dan keberhasilan 29 pada siklus 2, sehingga total kenaikan keberhasilan 96%.
Kata Kunci: kemampuan guru, pembelajaran berpusat kooperatif, supervisi klinis
Teks Lengkap:
PDFReferensi
DAFTAR PUSTAKA
Dirjen PMPTK. 2010. Penelitian Tindakan Sekolah, Jakarta: Kemendiknas.
------------------, 2010. Supervisi Akademik, Jakarta: Kemendiknas.
Moh. User Usman, 1995. Menjadi Guru Professional. Jakarta: Kemendiknas.
------------------, 2007. Permendiknas No 41/ 2007. Jakarta: Kemendiknas.