REHABILITASI LAHAN KERING ALANG–ALANG DENGAN OLAH TANAH DAN AMANDEMEN KAPUR TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI TANAMAN JAGUNG

Agusni .

Sari


ABSTRAK

Lahan alang-alang adalah lahan yang potensial untuk dikembangkan dalam program ekstensifikasi lahan pertanian. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis rehabilitasi lahan kering alang-alang dengan olah tanah dan untuk mengetahui pengaruh amandemen kapur terhadap pertumbuhan dan produksi tanaman jagung. Penelitian dilaksanakan di Kecamatan Juli Kabupaten Bireuen Provinsi Aceh, pada Bulan Januari s.d Maret 2014. Metode penelitian yang digunakan adalah rancangan petak terbagi, terdiri atas 2 (dua) faktor dan 3 (tiga) ulangan. Petak utama adalah pengolahan tanah (T) terdiri atas 3 taraf, yaitu : Tanpa Olah Tanah (TOT), Olah Tanah Minimum (OTM) dan Olah Tanah Maksimum (OTM). Anak petak adalah pengapuran (P) terdiri atas 3 taraf, yaitu : Tanpa Pengapuran 0 ton/ha (P0), Pengapuran 1 ton/ha (P1) dan Pengapuran 2 ton/ha (P2). Hasil penelitian menunjukkan cara pengolahan tanah berpengaruh nyata terhadap pH tanah, KTK tanah, N-total, P-tersedia, K-tertukar, Ca, Mg, tinggi tanaman pada umur 15 dan 45 HST. Pengapuran berpengaruh nyata terhadap pH tanah, KTK tanah, N-total, P-tersedia, K-tertukar, Ca dan Mg. Interaksi antara cara pengolahan tanah dan pengapuran berpengaruh nyata terhadap N-total, P-tersedia, Ca dan Mg.

Kata Kunci: lahan kering, pengapuran, pengolahan tanah, rehabilitasi, produksi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Adiningsih, J. S, dan Mulyadi, 1992. Alternatif Teknik Rehabilitasi dan Pemanfaatan Lahan Alang-alang. Dalam PPT (ed). Pemanfaatan lahan alang-alang untuk usaha tani berkelanjutan. Pros. Seminar lahan alang-alang. Bogor, 1 Desember 1992.

Bondansari dan Bambang, 2011. Pengaruh Zeolit dan Pupuk Kandang terhadap Beberapa Sifat Fisik Tanah Ultisol dan Entisol pada Pertanaman Kedelai (Glycine max L. Merril). ISSN: 1411 – 8297. Agronomika Vol. 11 No 2 Juli 2011.

Hendromono, 2003. Pengolahan Tanah Minimum (Minimum Tillage). Kanwil Deptan Sumsel.

Koestermans, A. J.G.H., S. Wirjaharjda, and R. J. Dekker. 1987. The Weeds: description, ecology and control. p.24-565. In M. Soerjani. (ed) Weeds of rice in Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Kurnia, U, Sudirman, dan H. Kusnadi, 2005. Teknologi Rehabilitasi dan Reklamasi Lahan. hlm. 147−182. dalam Teknologi PengelolaanLahan Kering: Menuju pertanian produktifdan ramah lingkungan. Bogor: Pusat Penelitian danPengembangan Tanah dan Agroklimat.

Ma’shum, M, 1989. Kesuburan Tanah dan Pemupukan. Jurusan Budidaya Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Mataram.


Refbacks

  • »
  • »
  • »
  • »
  • »