KEMAMPUAN GURU MEMANFAATKAN VIDEO PEMBELAJARAN

Rahmi Hayati

Sari


ABSTRAK

Teknologi adalah perkembangan alat bantu untuk memudahkan pekerjaan manusia. Teknologi juga sebagai alat untuk pemanfaatan pengetahuan dan ilmu pengetahuan. Teknologi pun memasuki berbagai bidang dalam kehidupan manusia untuk meningkatkan efektifitas suatu produksi ataupun kegiatan untuk penggunanya. Dunia pendidikan pun tidak luput dari integrasi teknologi dalam rangka efektifitas dan efisiensi pembelajaranm salah satunya adalah pemanfaatan video pembelajaran.Video pembelajaran berbasis karater dapat digunakan sebagai bahan diskusi guru dalam workshop. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan guru dalam memanfaatkan video pembelajaran dengan pendekatan realistik untuk mengembangkan karakter siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini terdiri dari tiga orang guru sekolah Dasar  Mitra P4MRI Universitas Syiah Kuala. Instrumen penelitian ini berupa lembar observasi dan catatan lapangan. Kemamuan guru memanfaatkan video pembelajaran dapat disimpulkan bervariasi.  Guru pertama mengajar relatif sama dengan guru pada video. Guru kedua melakukan sebagian kecil dari langkah pembelajaran seperti pada video, sedangkan guru lain tidak melakukan langkah pembelajaran seperti pada video.

Kata Kunci: kemampuan guru, memanfaatkan, video pembelajaran


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Alsawaie, Othman N. dan Alghazo, Iman M. (2010). The Effect of Video-Based Approach on Prospective Teachers’ Ability To Analyze Mathematics Teaching. Journal Math Teacher Educ 13:223–241.

Bogdan, Robert C and Biklen, Sari Knop. (1993). Qualitative research for Education:An Intruction to Theory and Methods. Boston: Allyn and Bacon.

Johar,R; Ikhsan, M.; Zubainur, C.M. 2013. Tingkat Kepedulian (Strages of Concern) Guru Memanfaatkan Video dalam Melaksanakan Pembelajaran Matematika denganPendekatan Realistik untuk Mengembangkan Karakter Siswa.

Johar, R; Ikhsan, M; Zubainur, C. M. 2014. Tingkat Kepedulian (strages of concern) guru memanfaatkan video dalam melakasanakan pembelajaran dengan pendekatan realistik untuk mengembangkan karakter siswa. Laporan Penelitian Unsyiah. Tidak dipublikasi.

Kellogg, M. & Kersaint, G. (2004). Creating a vision for the standards using online videos in an elementary mathematics methods course. Contemporary Issues in Technology and Teacher Education [Online serial], 4(1).

Kristanto. 2011. Media Pembelajaran: Konsep, Nilai Edukatif, Klasifikasi, Praktek, Pemanfaatan dan Pengembangan. Semarang: UNNES Press.

Margono. 2007. Metode penelitian pendidikan. Jakarta: Renika Cipta.

Sherin, M. G., & Han, S. Y. (2004). Teacher learning in the context of a video club. Teaching and Teacher Education, 20(2), 163–183.

Sherin, M. G., & van Es, E. A. (2005). Using video to support teacher’s ability to notice classroominteractions. Journal of Technology in Teacher Education, 13(3), 475–491.

Zubainur, C.M. 2015. Makalah yang dipresentasikan pada seminar nasional yang diadakan oleh prodi Pendidikan Matematika FKIP Unsyiah pada tanggal 14 November 2015.


Refbacks

  • »
  • »
  • »