PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ARTIKULASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM HORMON DI KELAS XI SMA NEGERI 1 PUTRI BETUNG

Nursafiah, Rika Aswarita dan Seri Minta

Sari


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran artikulasi terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem hormon di SMA Negeri 1 Putri Betung. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI yang berjumlah 70 siswa. Sampel berjumlah 44 siswa yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas XI-1 dengan jumlah 22 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas XI-2 dengan jumlah 22 siswa sebagai kelas eksperimen. Pengumpulan data dilakukan melalui pretes dan postes. Data peningkatan hasil belajar berupa gain ternormalisasi (N-Gain). Perbedaan rata-rata N-Gain kelas eksperimen dan kelas kontrol dianalisis dengan independen sample t-test. Hasil uji t menunjukan nilai t hitung = 4,02 dan nilai t tabel = 2,02 (thitung> ttabel) pada taraf signifikasi 0,05 yang menunjukan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran artikulasi terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem hormon.

Kata Kunci: artikulasi, hasil belajar, sistem hormon


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Hamalik. 2004. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Prena.

Ngalimun. 2012. Model Pembelajaran Artikulasi. Bandung: Wacana Prima.

Prayetno. 2004. Metode Artikulasi. Bandung: Wacana Prima.

Sanjaya, W. 2011. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Bandung: Prena.

Septiana. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Artikulasi untuk Meningkatkan Proses dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Materi Hidrosfer Kelas VII H SMP Negeri 3 Kartasura Tahun Pelajaran 2013/2014. E-Journal Program Pendidikan Goegrafi PIPS Universitas Surakarta 1 : 3-5. Diakses Tanggal 17 Juli 2014.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Bandung: Rosdakarya.

Sudjana, N. 1996. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosdakarya.

Yeni. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Artikulasi terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas VIII SMP Negeri Karang Jaya Tahun Pelajaran 2014/2015. E-Journal Program Pendidikan Fisika Universitas Surakarta 1: 6-7. Diakses Tanggal 12 Februari 2014.


Refbacks

  • »
  • »
  • »
  • »
  • »
  • »
  • »
  • »
  • »
  • »
  • »
  • »
  • »
  • »
  • »