PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) DIPADU MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KULIT DI KELAS XI MIA SMA NEGERI 3 BIREUEN
Sari
ABSTRAK
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh penerapan model Problem Based Instruction (PBI) dipadu dengan media Audio Visual terhadap hasil belajar siswa pada materi kulit di Kelas XI MIA SMA Negeri 3 Bireuen. Pendekatan penelitian adalah kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Rancangan penelitian yang digunakan adalah dengan pretest - posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas XI yang berjumlah 160 orang. Sampel dalam penelitian adalah 30 orang siswa kelas XI MIA.1 sebagai kelas eksperimen dan 33 orang siswa kelas XI MIA.2 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan soal pretest dan posttest untuk melihat hasil belajar siswa. Analisis data menggunakan uji hipotesis dengan program SPSS versi 20. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan menggunakan program SPSS nilai hipotesis diketahui nilai (sig) 0.03 < 0.05, maka hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model Problem Based Instruction (PBI) dipadu dengan media Audio Visual terhadap hasil belajar siswa pada materi Kulit kelas XI MIA SMA Negeri 3 Bireuen.
Kata Kunci : Problem Based Instruction, Hasil belajar, Media, Audio Visual
Teks Lengkap:
PDFReferensi
DAFTAR PUSTAKA
Arikunto, S. 2008. Dasar-Dasar Evaluasi pendidikan, Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta
Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendidikan Praktik. Jakarta: Aneka Cipta
Arsyad. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Daryanto. 2010. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Hakim, L. 2012. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Instruction Disertai Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X Sma Negeri 1 Ngemplak. Jurnal Pendidikan Biologi. (Online),
Mufidah, Elok. Amaria. Penerapan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah (Pbi) Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Asam Basa Dan Garam. Prosiding Seminar Nasional Kimia Unesa 2012–ISBN :978-979-028-550-7 Surabaya, 25 Pebruari 2012. (Online), http://fmipa.unesa.ac.id/kimia/wp-content/ uploads/2013/11/151-160-Elok Mufidah. pdfNazir, M. 2005. Metode Penelitian Cetakan Pertama. Bogor : Ghalia Indonesia
Musfiqon, HM. 2011. Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran. Sidoarjo: Prestasi Pustakaraya.
Pearce, C, Evelyn. 2009. Anatomi dan Fisiologi Untuk Paramedis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Preswasari, R. 2013. Pengaruh Model Problem Based Instruction (PBI) Dengan Metode Praktikum Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas Xi IPA SMA Muhammadiyah 2 Genteng. Jurnal Pembelajaran Fisika. (Online), http://repository.unej.ac.id
Rachmatin, D. 2010. Model Pelatihan SPSS. (Online), (http://file.upi.edu), diakses pada 12 Maret 2016.
Ratumanan. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Surabaya: UNESA University Press
Slameto. 2006. Belajar dan Faktor-Faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan (Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Sujarweni, W. 2011. SPSS untuk Penelitian. Yogyakarta : Pustaka Baru Press
Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progesif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara
Trianto. 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progesif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Wibawa, Mukti. 2011. Media Pengajaran. Bandung: CV Maulana