PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) DIPADU MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KULIT DI KELAS XI MIA SMA NEGERI 3 BIREUEN

Rahmawati dan Purnamasari

Sari


ABSTRAK

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh penerapan model Problem Based Instruction (PBI) dipadu dengan media Audio Visual terhadap hasil belajar siswa pada materi kulit di Kelas XI MIA SMA Negeri 3 Bireuen. Pendekatan penelitian adalah kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Rancangan penelitian yang digunakan adalah dengan pretest - posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas XI yang berjumlah 160 orang. Sampel dalam penelitian adalah 30 orang siswa kelas XI MIA.1 sebagai kelas eksperimen dan 33 orang siswa  kelas XI MIA.2 sebagai kelas kontrol.  Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan soal pretest dan posttest untuk melihat hasil belajar siswa. Analisis data  menggunakan uji hipotesis dengan program SPSS versi 20.  Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan menggunakan program SPSS nilai hipotesis diketahui nilai (sig) 0.03 < 0.05, maka hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model Problem Based Instruction (PBI) dipadu dengan media Audio Visual terhadap hasil belajar siswa pada materi Kulit kelas XI MIA SMA Negeri 3 Bireuen.

Kata Kunci : Problem Based Instruction, Hasil belajar, Media, Audio Visual


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, S. 2008. Dasar-Dasar Evaluasi pendidikan, Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta

Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendidikan Praktik. Jakarta: Aneka Cipta

Arsyad. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Daryanto. 2010. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Hakim, L. 2012. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Instruction Disertai Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X Sma Negeri 1 Ngemplak. Jurnal Pendidikan Biologi. (Online),

Mufidah, Elok. Amaria. Penerapan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah (Pbi) Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Asam Basa Dan Garam. Prosiding Seminar Nasional Kimia Unesa 2012–ISBN :978-979-028-550-7 Surabaya, 25 Pebruari 2012. (Online), http://fmipa.unesa.ac.id/kimia/wp-content/ uploads/2013/11/151-160-Elok Mufidah. pdfNazir, M. 2005. Metode Penelitian Cetakan Pertama. Bogor : Ghalia Indonesia

Musfiqon, HM. 2011. Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran. Sidoarjo: Prestasi Pustakaraya.

Pearce, C, Evelyn. 2009. Anatomi dan Fisiologi Untuk Paramedis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Preswasari, R. 2013. Pengaruh Model Problem Based Instruction (PBI) Dengan Metode Praktikum Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas Xi IPA SMA Muhammadiyah 2 Genteng. Jurnal Pembelajaran Fisika. (Online), http://repository.unej.ac.id

Rachmatin, D. 2010. Model Pelatihan SPSS. (Online), (http://file.upi.edu), diakses pada 12 Maret 2016.

Ratumanan. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Surabaya: UNESA University Press

Slameto. 2006. Belajar dan Faktor-Faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan (Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sujarweni, W. 2011. SPSS untuk Penelitian. Yogyakarta : Pustaka Baru Press

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progesif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara

Trianto. 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progesif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Wibawa, Mukti. 2011. Media Pengajaran. Bandung: CV Maulana


Refbacks

  • »
  • »
  • »
  • »
  • »