Peranan PTK dalam Peningkatan Kualitas Guru

Marwan Hamid

Sari


Berdasarkan peranan profesional guru modern, Oemar Hamalik mengatakan bahwa hal itu menambah tanggung jawab guru menjadi lebih besar. Tanggjungjawab guru antara lain; guru harus menuntut murid untuk belajar, turut serta membina kurikulum, 3) melakukan pembinaan terhadap diri siswa berupa kepribadian, watak dan jasmaniah, dan melakukan diagnosis  atas kesulitan belajar dan mengadakan penilaian atas kemajuan belajar, serta menyeleng-garakan penelitian.  Pengembangan profesi adalah kegiatan guru dalam rangka pengamalan ilmu dan pengetahuan, tehnologi dan keterampilan untuk peningkatan mutu baik bagi proses belajar mengajar dan profesionalisme tenaga kependidikan lainnya maupun dalam rangka menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi pendidikan dan kebudayaan. Secara rinci kegiatan yang termasuk kegiatan unsur pengembangan profesi adalah melaksanakan kegiatan karya tulis/karya ilmiah dibidang pendidikan, menemukan tehnologi tepat guna di bidang pendidikan, dan membuat alat peraga/pelajaran atau alat bimbingan. Karena itu, guru menurut Sukardi (2007)  harus melakukan penelitian dengan tujuan sebagai berikut: memperoleh informasi baru, mengembangkan dan menjelaskan, dan menerangkan, memprediksi dan mengontrol suatu ubahan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdoeh. (2007). Syarat-Syarat agar PTK Ber-hasil,http://www.abdoeh.wordpress.com (10 Jan 2008).

Arikunto. (2006) Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara

Armanto, Dian. (2006). Penyusunan Proposal dan Pembuatan Laporan Hasil Penelitian Tindakan. [Makalah]. Disajikan pada Pelatihan Guru SMP Negeri Lubuk Pakam, 28 Juni 2006.

Basrowi & Suwandi. (2008). Prosedur Peneli-tian Tindakan Kelas. Referensi Utama PTK untuk Guru serta Mahasiswa Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Bogor : Ghalia Indonesia

Depdikbud. (1995). Pedoman Penyusunan Karya Tulis Ilmiah Pendidikan dan Angka Kredit Pengembangan Profesi Guru, Jakarta: Direktorat Dikgutentis.

Departemen Pendidkan Nasional. (1999). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Dirjen Dikti Depdikbud, Proyek Pengembangan Guru SMP

Ekawarna. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : gaung Persada Press

Hopkins, David. (1993). A Teacher’s Guide to Classroom Research. Philadelphia: Open University Press

Kemmis & McTaggart. (1994). The Action Research Planner. Dekan University

Kardiawarman. (2008). Konsep Dasar Pene-litian Tindakan Kelas, http://www. duniaguru.com (10 Jan 2008).

Menpan. (2008). Rancangan Peraturan Menpan Tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya, Jakarta: Ditjen PMPTK.

Mudjiran. (2008). Contoh Format Penelitian Tindakan Kelas Pengembangan Profesi Guru, Disampaikan pada Bimbingan Teknis Penulisan Karya Tulis Ilmiah, tanggal 6 Pebruari 2008, di SMP Negeri 1 Tanjung Morawa.

Nurzaman. (2006). Sertifikasi Jabatan Guru, [Makalah], disampaikan pada Workshop Inovasi Pembelajaran Tingkat Nasional tanggal 20-25 Nov 2006 di Kinasih Resort Hotel, Bogor-Jawa Barat.

Ridwan, Sa’adah. (2005). Penelitian Tindakan Kelas bagi Guru, Jakarta: Ditjen Dikdasmen

Rustam, dan Mundilarto. (2004). Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kepen-didikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi, Ditjen Dikti.

Salakim, M. Siafun. (2007). Pentingnya Penelitian Tindakan Kelas, http://www.msaifunsalakim.blogspot.com (11 Jan 2008).

Sukidin, dkk. (2002). Manajemen Penelitian Tindakan Kelas, Surabaya: Insan Cendikia.

Supriadi, Dedi. (1998). Education Research in Practice. Bandung : Graduadte School of Educational, IKIP


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.