KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA (KDRT) DI KABUPATEN BIREUEN

hera yanti dan Taufik

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dinamika kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) yang terjadi pada perempuan di kabupaten bireuen pada tahun 2012 dengan menggunakan teknik purposive sampling . Subjek berjumlah tiga orang responden perempuan dengan alasan keunikan pengalaman hidup masing-masing responden. Analisis antar kasus dalam penelitian ini berdasarkan riwayat rumah tangga, penyebab KDRT, bentuk KDRT, dampak KDRT dan karakteristik pelaku KDRT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyebab KDRT yang dialami responden karena interpretasi budaya patriarkhi yang teradopsi dari keluarga asal sebagai modelling dengan bentuk KDRT berupa kekerasan fisik, kekerasan seksual, kekerasan psikis dan kekerasan ekonomi.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alsa, Asmadi. (2003).Pendekatan Kuantitatif .dan Kualitatif Serta Kombinasinya Dalam Penelitian Psikologi. Pustaka Pelajar : Jakarta. Kristyanti, S.R(2004). Memahami Dinamika Kekerasan Pada Perempuan Korban KDRT. UPB :Bogor Murniati, Nunuk. ( 2004)Getar Gender. Indonesiatera : Magelang. Sutinah.(2005).Metode Penelitian Sosial. Prenata Media : Jakarta.

Sumintardja, E.N. 2006. http://www.mail-archive.com,2006). Stop Kekerasan Dalam Rumah Tangga. Undang-Undang No. 23 tahun 2004 Tentang Penghapusan Kekerasan Dalam Rumah Tangga.

http://www.lbhapik.or.id/bentuk. Bentuk Kekerasan Dalam Rumah Tangga.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.