MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PECAHAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING DI KELAS V SDN 4 BIREUEN
Sari
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas V SDN 4 Bireuen pada materi pecahan melalui model pembelajaran snowball throwing. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang terdiri atas dua siklus dan setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 4 Bireuen tahun ajaran 2019/2020. Adapun subyek penelitian adalah siswa kelas V SDN 4 Bireuen yang berjumlah 16 siswa. Teknik pengumpulan data penelitian dilakukan melalui tes, wawancara, observasi dan catatan lapangan. Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran snowball throwing efektif digunakan pada mata pelajaran matematika terutama materi pecahan dan model pembelajaran snowball throwing dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 4 Bireuen pada materi pecahan. Hal ini terlihat dari meningkatnya hasil belajar siswa pada setiap siklus, yaitu pada siklus I sejumlah 9 siswa tuntas belajar dari 16 jumlah siswa, sedangkan pada siklus II diperoleh sejumlah 15 siswa tuntas belajar.
Kata kunci: meningkatkan, hasil belajar, materi pecahan, model pembelajaran, snowball throwing
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Arikunto, S. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Hin, K. 2012. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemecahan Masalah Matematik Siswa SMPN Lhokseumawe melalui Pendekatan Matematika Realistik. Tesis UNIMED, tidak dipublikasikan.
Hizbullah. 2011. Penerapan Model Pembelajaran Snolball Throwing. Yogyakarta: Lumbung Pustaka UNY.
Moleong. 2007. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Safitri, Diyan Tunggal. 2011. Metode Pembelajaran Snowball Throwing untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Yogjakarta: Pustaka Pelajar.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.