PEMANFAATAN ABU AMPAS TEBU SEBAGAI FILLER PADA CAMPURAN HRS-WC
Sari
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari variasi abu ampas tebu pada HRS terhadap kareakteristik marshall. Metode pengujian yang digunakan dalam penelitian ini mengikuti prosedur pengujian marshall, American Association of State Highway and Transportation Officials (AASHTO), Bina Marga dan metode lain berupa pengujian durabilitas modifikasi. Penelitian dilakukan di Laboratorium Aspal dan Mekanika Tanah Fakultas Teknik Universitas Almuslim Bireuen. Bahan material yang digunakan berupa agregat dari pabrik pemecah batu PT. Krueng Meuh. Aspal yang digunakan berupa aspal keras penetrasi 60/70 produksi PT. Pertamina dengan tambahan getah karet. Data primer meliputi pemeriksaan, sifat fisis aspal, agregat dan pengujian marshall. Sedangkan, data sekunder berupa daftar spesifikasi campuran, angka koreksi benda uji, peta lokasi pengambilan sampel dan sebagainya. Prosedur penelitian terbagi atas tahapan pengujian sifat fisis aspal subtitusi getah karet, perencanaan campuran beton aspal metode marshall, pembuatan benda uji, penentuan berat jenis bulk benda uji, pengujian stabilitas dan flow dengan alat marshall, pengujian durabilitas dan perhitungan parameter marshall lainnya dari benda uji. Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian disimpulkan bahwa: 1) dari pemeriksaan sifat fisis material berupa agregat, aspal pen. 60/70 setelah disubstitusi variasi persentase abu ampas tebu dan semen portland sebagai filler telah memenuhi spesifikasi yang disyaratkan dan dapat digunakan sebagai bahan campuran lataston; 2) dari evaluasi karakteristik marshall pada campuran lataston dengan variasi persentase abu ampas tebu dan semen portland, diperoleh persentase 50% abu ampas tebu dan 50% semen portland sebagai substitusi terbaik, dengan nilai KAO 5,80%; 3) adanya bahan substitusi abu ampas tebu dan semen portland sebagai filler pada campuran aspal, nilai stabilitas campuran meningkat, dengan perolehan nilai stabilitas memenuhi spesifikasi untuk lalu lintas berat yaitu ≥ 800 kg; dan 4) pengaruh substitusi abu ampas tebu dan semen portland sebagai filler parameter marshall terjadi peningkatan terhadap nilai parameter marshall dan dapat digunakan untuk perkerasan aspal, serta meminimalisir kerusakan aspal dan retak akibat beban kendaraan.
Kata kunci: pemanfaatan, abu ampas tebu, filler, campuran HRS-WC
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Anonim. 2002. Perencanaan Perkerasan Jalan Beton Semen. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Pemukiman serta Prasarana Wilayah.
______. 2010. Divisi 5 Perkerasan Berbutir dan Perkerasan Beton Semen. Jakarta: Direktorat Jendral Bina Marga.
Akem. 2012. Pengaruh Suhu Pemadatan pada Lapis Perkerasan Lataston (Hrs-Wc) Menggunakan Bahan Pengikat Retona Blend 55. Pontianak: Fakultas Teknik Universitas Tanjungpura.
Bukharidan, Saleh. 2007. Rekayasa Bahan dan Tebal Perkerasan. Banda Aceh: Fakultas Teknik Universitas Syiah Kuala.
Chalid. 2016. Karakteristik Campuran Aspal Hrs-Base Menggunakan Agregat Kasar Batu Kapur Asal Tinoring. Jurnal Ilmiah Ilmu Teknik. Jakarta Selatan: Universitas Andi Djemma Palopo.
Kurniasari. 2018. Pengaruh Filler Abu Ampas Tebu (AAT) dengan Bahan Pengikat Aspal Pen 60/70 pada Campuran Laston AC-WC. Banda Aceh: Universitas Syiah Kuala.
Rianto, R.H.. 2007. Pengaruh Abu Sekam Padi sebagai Bahan Filler terhadap Karakteristik Campuran Aspal Emulsi Bergradasi Rapat (BEBR), tesis. Semarang: Universitas Diponegoro.
Saodang, Hamirhan. 2005. Konstruksi Jalan Raya. Bandung: Nova.
Sukirman, S. 2003. Campuran Beraspal Panas. Bandung: Granit.
Tanzil, M. C. 2017. Analisa Perbandingan Penggunaan Semen Portland dan Fly Ash sebagai Filler pada Asphalt Concrete - Wearing Coruse (AC-WC). Jakarta: Jurnal Binus University.
Wesli. 2012. Stabilitas Lapis Aspal Beton AC-WC Menggunakan Abu Sekam Padi. Teras Jurnal Vol.2 No.4 Desember 2012. Lhokseumawe: Universitas Malikussaleh.
Putra, D. 2006. Penambahan Abu Sekam dalam Beton guna Mengantisipasi Kerusakan Akibat Magnesium Sulfat Pada Air Laut. Jurnal Ilmiah Teknik Sipil, Vol.10 No.2 Juli 2013. Denpasar: Fakultas Teknik Universitas Udayana.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.