PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURRNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI MATRIKS PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 SIMPANG MAMPLAM

Rahmi Hayati

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar materi matriks setelah diterapkan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) pada siswa kelas XI SMA N 1 Simpang Mamplam. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu. Lalu, model design penelitian adalah pola kelompok tunggal (one grup pretest-posttest design). Penelitian ini dilaksanakan di SMA N 1 Simpang Mamplam pada November 2018. Adapun populasi  penelitian adalah seluruh siswa kelas XI SMA N 1 Simpang Mamplam. Sampel penelitian adalah siswa kelas XI IPA 2 SMA N 1 Simpang Mamplam yang dipilih secara acak dengan teknik simple random sampling yang berjumlah 16 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui teknik tes, berupa tes awal dan tes akhir. Hasil tes tersebut digunakan untuk melihat bagaimana hasil belajar siswa dalam memahami materi matriks. Observasi dilakukan untuk mengamati aktifitas yang berlangsung di kelas yang meliputi aktifitas peneliti sebagai pengajar dan aktifitas siswa dalam pembelajaran. Teknik analisis data penelitian mengunakan uji-t. Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian, disimpulkan bahwa hasil observasi yang diamati oleh kedua pengamat, baik pada aktivitas guru maupun aktivitas siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran pada materi matriks menggunakan model pembelajaran Time Games Tournament (TGT) pada siswa kelas XI IPA 2 SMA N 1 Simpang Mamplam diperoleh rata-rata persentase hasil belajar siswa berada pada kategori baik, artinya pelaksanaan pembelajaran dengan model pembelajaran TGT berada pada kategori baik.

Kata kunci:  penerapan, model pembelajaran, TGT, meningkatkan hasil belajar, materi matriks


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Sanjaya, W. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media.

Hamalik, O. 2010. Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar. Jakarta: Remaja Rosdakarya.

Margono. 2009. Metodelogi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R & D. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.