Meningkatkan Prestasi dan Motivasi Mahasiswa pada Mata Kuliah Pancasila dan Ketatanegaraan dengan Pembelajaran Kooperatif Model Grup Investigation

Drs. Saleh Aksa M.Pd

Sari


Pembelajaran Pancasila/ketatanegaraan tidak lagi mengutamakan pada penyerapan melalui pencapaian informasi, tetapi lebih mengutamakan pada pengembangan ke-mampuan dan pemrosesan informasi. Untuk itu aktivitas mahasiswa perlu diting-katkan melalui latihan-latihan atau tugas  Pancasila dan ketatanegaraan dengan kerja kelompok kecil dan menjelaskan ide-ide kepada orang lain. Mutu pendidikan dapat ditempuh oleh seorang dosen melalui peningkatan wawasan serta penerapan metode pembelajaran yang bervariasi salah satunya pembelajaran kooperatif model Group Investigation (GI). Proses pembelajaran dengan pendekatan kooperatif model GI, diduga dapat meningkatkan prestasi belajar dan berpengaruh pada motivasi belajar mahasiswa. Untuk melaksanakan pembelajaran kooperatif model GI memerlu-kan persiapan yang matang, sehingga dosen harus mampu menentukan atau memilih topik yang benar-benar bisa diterapkan dengan cara pembelajaran kooperatif model GI dalam proses belajar mengajar sehingga diperoleh hasil yang optimal.

 

Kata Kunci : Prestasi, Motivasi, Pembelajaran Kooperatif, Model Grup Investigation

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Felder, Richard M. (1994). Cooperative Learning in Technical Corse, (online), (PelldMy%DocumentCoop%Report.Html. Diakses 10 Juni 2008)

Nur, Muhammad. (1996). Pembelajaran Kooperatif. Surabaya. Universitas Negeri Surabaya.

Sutomo. (1993). Dasar-dasar Interaksi Belajar Mengajar. Surabaya Usaha Nasional.

Sujana Nana, (2005), Dasar-Dasar Prose Belajar Mengajar, Bandung Sinar Baru Algesindo

Yasin Burhanuddin, (2002), Penelitian Tindakan Kelas, Pendekatan Efektif Perbaikan Mutu Pembelajaran dan Prestasi Siswa, Banda Aceh, Dinas Pendidikan Provinsi Aceh.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.