PENGARUH MOTIVASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII MTSS ALMUSLIM KABUPATEN BIREUEN. (Studi kasus pada Mata Pelajaran Ekonomi)

Marwan Hamid

Sari


Penelitian ini dilaksanakan karena sangat penting dalam proses belajar yang diterapkan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa MTsS almuslim Kabupaten Bireuen. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen untuk mengetahui pengaruh tidaknya motivasi terhadap hasil belajar siswa dengan menggunakan analisis kuantitatif. Jumlah populasi penelitian ini adalah 28 siswa. Hasil penelitian yang diambil berdasarkan nilai siswa variabel x dan variabel y yaitu variabel X = 2269, variabel Y = 2236. Adapun nilai korelasi variabel x dan variabel Y yaitu 0.37 dengan koefisiensi determinasi 0.18% yang menunjukkan adanya pengaruh motivasi terhadap hasil belajar siswa. Untuk uji-t di dapat thitung = 2.031, dengan taraf signifikan 5% (α=0.05) dan untuk ttabel dengan derajat kebebasan 28 ttabel 0.37. dapat disimpulkan bahwa Ha diterima yaitu thitung = 2.031 ≥ ttabel 1.161 bahwa adanya pengaruh motivasi terhadap hasil belajar siswa kelas VIII MTsS Almuslim Kabupaten Bireuen.
Kata Kunci : Motivasi, Hasil Belajar

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto. 2002. Prosedur Penelitian Ilmiah. Bandung: Bina Aksara.

Darsono, 2004. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, 2002. Proses Belajar Mengajar. Cet. ke-3. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hamalik, 2002. Media Pembelajaran (Dalam Proses Belajar Mengajar Masa kini). Makassar: Badan Penerbit UNM.

Handoko, (2004). Proses Belajar dan Mengajar, PT. Bina Aksara. Jakarta.

Munandar, 2003. Kepedulian Orang Tua Dalam Meningkatkan Belajar Anak dirumah. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya

Nasution, (2003). Pengaruh Tingkat Pendidikan Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa, Medan :IAIN


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.