PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLES NON EXAMPLES PADA MATERI BANGUN DATAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SD NEGERI 28 PEUSANGAN
Sari
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran examples non examples pada materi bangun datar siswa kelas IV SDN 28 Peusangan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian eksperimen dengan rancangan one group pretest-posttest design. Model pembelajaran yang digunakan dalam penelitian yaitu model pembelajaran examples non examples. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 28 Peusangan pada bulan September 2019 tahun pelajaran 2019/2020. Adapun populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 28 Peusangan sebanyak 3 kelas yang berjumlah 78 siswa. Sedangkan sampel penelitian ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling dan sesuai dengan pendapat Arikunto (2016:134), menyatakan jika jumlah subyeknya besar, dapat diambil antara 10-15% atau 20-25% atau lebih. Maka, dalam penelitian ini diambil sampel sebanyak 10% dari total populasi yaitu siswa kelas IV.A SDN 28 Peusangan yang berjumlah 26 siswa. Analisis data penelitian menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran examples non examples dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV.A SDN 28 Peusangan pada materi bangun datar. Hal ini terlihat dengan perolehan thitung > ttabel dengan nilai 2.90 > 2.45, maka hipotesis Ho ditolak dan hipotesis Ha diterima, artinya terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan model pembelajaran examples non examples terhadap hasil belajar siswa pada materi bangun datar di SD N 28 Peusangan.
Kata kunci: model pembelajaran, examples non examples, meningkatkan, hasil belajar siswa
Teks Lengkap:
PDFReferensi
REFERENSI
Apriani, Atik., dkk. 2010. Implementasi Model Pembelajaran Examples non Examples. Sumedang: FKIP PGMI.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
Hamzah, B. Uno., Nurdin, Mohammad. 2012. Belajar dengan Pendekatan PAIKEM. Jakarta: Bumi Aksara.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.