PENINGKATAN MINAT BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DI SD NEGERI 4 PEUSANGAN, SD NEGERI 8 PEUSANGAN, DAN MIN KUTABLANG KABUPATEN BIREUEN PROPINSI ACEH
Sari
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan minat belajar siswa dalam pembelajaran tematik di SDN 4 Peusangan, SDN 8 Peusangan dan MIN Kutablang Kabupaten Bireuen. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif, yang menggambarkan apa adanya tentang penerapan pembelajaran tematik. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 4 Peusangan, SDN 8 Peusangan dan MIN Kutablang pada bulan Juli s.d Agustus 2019 semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020. Adapun sampel penelitian adalah siswa kelas I dan IV SDN 4 Peusangan, SDN 8 Peusangan dan MIN Kutablang, yang berjumlah 190 siswa. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan lembar observasi dan angket. Analisis data penelitian dilakukan dengan: 1) mereduksi data, 2) menyajikan data secara naratif, dan 3) menarik simpulan serta verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa melalui penerapan pembelajaran tematik dapat meningkatkan minat belajar siswa di SDN 4 Peusangan, SDN 8 Peusangan dan MIN Kutablang Kabupaten Bireuen. Hal ini terlihat yaitu: 1) siswa bersemangat dan terlibat aktif dalam pembelajaran, baik secara fisik maupun emosional, 2) kegiatan pembelajaran memungkinkan siswa memikirkan atau merefleksikan kembali apa yang telah dipelajari dan dilakukannya, 3) terjadi komunikasi yang baik antara guru dan siswa selama kegiatan pembelajaran, artinya siswa tidak canggung dalam bertanya dan mengeluarkan argumennya, dan 4) guru mendapatkan pengalaman nyata dalam mengelola kelas serta melaksanakan pembelajaran dengan baik, kreatif dan menyenangkan.
Kata kunci: peningkatan, minat belajar siswa, pembelajaran tematik
Teks Lengkap:
PDFReferensi
REFERENSI
Arikunto, Suharsimi. 2007. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Depdiknas. 2002. Pusat Kurikulum. Jakarta: Balitbang.
Moleong, Lexy J. 2010. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rineka Cipta.
Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Trianto. 2007. Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Kontruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.