PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN MASTER BERBANTUAN LABORATORIUM VIRTUAL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X MAN PEUSANGAN PADA MATERI VEKTOR
Sari
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran master berbantuan laboratorium virtual terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas X MAN Peusangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen dan desain penelitian quasi experimental berbentuk nonequivalent control group design. Penelitian dilaksanakan di MAN 3 Peusangan, pada tanggal 23 s.d 26 April 2019. Adapun subyek penelitian adalah siswa kelas X MAN 3 Peusangan yang berjumlah 64 siswa, yaitu 32 siswa kelas X1 sebagai kelas kontrol dan 32 siswa kelas X2 sebagai kelas eksperimen.Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen berbentuk tes kemampuan berpikir kritis siswa. Namun, sebelumnya dilakukan uji validitas, reabilitas daya pembeda dan tingkat kesukaran. Uji validitas soal menggunakan rumus korelasi product moment pearson dengan mengkorelasikan skor item soal dan skor total. Untuk menguji signifikansi korelasi digunakan uji-t, dan menghitung reliabilitas tes dihitung dengan rumus alpha-cronbach. Dari hasil penelitian, disimpulkan bahwa: 1) model pembelajaran master berbantuan laboratorium virtual berpengaruh positif terhadap kemapuan berpikir kritis siswa kelas X MAN 3 Peusangan materi vektor dari pada model pembelajaran konvensional; 2) nilai rata-rata siswa kelas X2 MAN 3 Peusangan yang diajarkan dengan model master berbantuan laboratorium virtual, yaitu dan nilai rata-rata siswa kelas X1 MAN 3 Peusangan yang diajarkan dengan model konvensional, yaitu ; dan 3) model master berbantuan laboratorium virtual berpengaruh kuat terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas X2 MAN 3 Peusangan yaitu 57,76% dan 42,24% dipengaruhi variabel lain, sedangkan model konvensional berpengaruh rendah terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas X1 MAN 3 Peusangan, yaitu 1% dan 99% dipengaruhi variabel lain.
Kata kunci: pengaruh, master berbantuan laboratorium virtual, berpikir kritis
Teks Lengkap:
PDFReferensi
REFERENSI
Arikunto. 2003. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Askara.
Emzir. 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Istarani. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Medan: Media Persada.
Pujiati, Anik. 2012. Pengaruh Model Pembelajaran (Berbantuan Laboratorium Virtual) dan Minat Belajar terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Kimia. Jurnal Formatif, 2(3):182-189. ISSN: 2088-351X. Jakarta: Universitas Indraprasta PGRI.
Putri, I.S. 2016. Penggunaan Discovery Learning Berbantuan Laboratorium Virtual pada Penguasaan Konsep Fisika SMA. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknlogi. ISSN 2407-6902. Vol II, No.4. Mataram: Universitas Mataram.
Sanjaya, Wina. 2007. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Saraswati, B.P, dkk. 2018. Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Melalui Kegiatan Lab. Virtual dan Eksperimen Riil untuk Peningkatan Penguasaan Konsep dan Pengembangan Aktivitas Siswa. Unnes Physics Education Journal. UPEJ 7 (1) (2018). Semarang: Univ. Negeri Semarang.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Rineka Cipta.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.