UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 JANGKA PADA MATERI SIFAT-SIFAT CAHAYA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DIRECT INSTRUCTION

Faizah M Nur, Rahima Rahima

Sari


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 1 Jangka pada materi sifat-sifat cahaya melalui model pembelajaran direct instruction. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri atas dua siklus dan setiap siklus terdiri atas empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 1 Jangka pada tanggal 6 s.d 10 Mei 2019. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 1 Jangka yang berjumlah 22 siswa. Adapun teknik pengumpulan data penelitian yaitu melalui teknik: tes, observasi, angket dan dokumentasi. Sedangkan analisis data penelitian dilakukan melalui analisis statistik sederhana, yaitu: 1) untuk menghitung hasil belajar siswa, dan 2) untuk menentukan ketuntasan belajar siswa. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa: 1) penggunaan model pembelajaran direct instruction dapat meningkatkan hasil belajar siswa, aktivitas guru dan siswa, sudah berlangsung baik dan mendapatkan respon yang baik dari siswa; 2) model pembelajaran direct instruction meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 1 Jangka pada materi sifat-sifat cahaya, terlihat dengan meningkatnya hasil evaluasi, baik proses maupun hasil belajar siswa pada siklus I dan II; 3) dari hasil observasi, terjadi peningkatan proses pembelajaran, yaitu dari 87% siklus I menjadi 89% siklus II. Sedangkan, hasil belajar pada materi SDA juga mengalami peningkatan, yaitu siklus II meningkat menjadi 93% dan 95%.

Kata kunci:  meningkatkan, hasil belajar, model pembelajaran, direct instruction


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


REFERENSI

Arikunto, Suharsimi., dkk. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Dimyati, Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Rineka Cipta.

Elfita. 2013. Penggunaan Direct Instruction sebagai Upaya Peningkatan Pemahaman Siswa melalui Kertas Kerja. Jupe UNS, Vol. 2, No. 1, Hal. 11-25.

Haryanto. 2008. SAINS untuk SD Kelas V. Jakarta: Erlangga.

Khadijah. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Cita Pustaka Media.

Moleong, lexy J. 2010. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ngalimun. 2013. Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Perindo.

Sagala, Syaiful. 2011. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudijono. 2005. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Gafindo Persada.

Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Sukardi. 2013. Metode Penelitian dan PTK. Bandung: Kencana Prenada Media Group.

Suprijono. 2010. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Widodo. 2008. Alamku Sains Kelas V untuk Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.