PENINGKATAN KEMANDIRIAN DAN HASIL BELAJAR MELALUI MATEMATIKA E-LEARNING APLIKASI SCHOOLOGY

Samsul Bahri

Sari


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemandirian dan hasil beajar mahasiswa Prodi. Teknik Sipil Fakultas Teknik Univesitas Malikussaleh melalui matematika e-learning aplikasi schoology. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif deskriptif, untuk melihat peningkatan kemandirian dan hasil belajar mahasiswa Prodi.Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Malikussaleh pada mata kuliah matematika dengan implementasi e-learning berbasis aplikasi schoology. Penelitian dilaksanakan pada bulan Mei s.d Juli 2019 di Prodi. Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Malikussaleh. Adapun populasi penelitian adalah mahasiswa semester I Prodi. Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Malikussaleh. Sedangkan, subjek penelitian dibagi atas 2 kelompok, yaitu kelompok eksperimen yang berjumlah 47 mahasiswa dan kelompok kontrol yang bejumlah 42 mahasiswa. Perlakuan pada kelompok eksperimen mengggunakan implementasi e-learning berbasis aplikasi schoology. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner untuk melihat tingkat kemandirian dan tes tulis untuk mengukur kognitif mahasiswa. Sedangkan, pengolahan dan analisis hipotesis penelitian menggunakan uji statistik anava, yaitu uji homogenitas dan uji normalitas. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa pembelajaran berbasis e-learning aplikasi schoology dapat meningkatkan kemandirian dan hasil belajar mahasiswa Prodi. Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Malikussaleh.

Katakunci: kemandirian, hasil belajar, e-learning, aplikasi schoology


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


REFERENSI

Abu, Ahmadi., Nur, Uhbiyati. 1990. Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

A. Pribadi, Benny. 2010. Model Desain Sistem Pembelajara. Jakarta: Dian Aksara.

Conte, C. 2011. Advanced Technique for Counseling and Psychotherapy. NewYork: Springer Publishing Company.

Darmawan, D. 2014. Pengembangan E-learning Teori dan Desain. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Desi, Susilawati. 2009. Upaya Meningkatkan Kemandirian Belajar dan Kemampuan Matematika Siswa Kelas X SMAN 1 Gamping dengan Menggunakan Lembar Kerja Siswa. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Matematika, UNY.

Dziuban, dkk. 2004. Blended Learning. University of Central Florida: Educause Center for Applied Research. No. 7. Volume 2004. Hal. 1-12.

https://www.educause.edu/~/media/files/library/2004/3/erb0407-pdf.pdf?la=en diakses pada 17 November 2018

Hargis, J. 2000. The Self-Regulated Learner Advantage: Learning Science on the Interet. University of North Florida in Jacksonville: Electronic Journal of Sciene Education (online), Vol.4 No.4

http://wolfweb.unr.edu/homepage/crowther/ejse/hargis.html. diakses pada 17 November 2018.

Ibrahim., Suardiman. 2014. Pengaruh Penggunaan E-Learning Terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Matematika Siswa SD Negeri Tahunan Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Indonesia.

http://journal.uny.ac.id/index.php/jpe/article/viewFile/2645/2200. diakses pada 17 November 2018.

Irawan, V.T., Sutadji, E.,Widyanti. 2017. Blended Learning Based on Schoology:Effort of Improvement Learning Outcome and Practicum Chance in Vocational High School. Cogent Education 4, 1282031.

https://www.tandfonline.com/doi/pdf/10.1080/2331186X.2017.1282031?needAccess=true

di akses 17 November 2018

Najmuddin, Fajri, R., & Iqbal, M. (2018). Pembelajaran Kitab Tahrirul Aqwal/Awamil Berbasis Android Di Dayah Salafi Kabupaten Bireuen. Jurnal Variasi: Majalah Ilmiah Universitas Almuslim, 10(1).

Rovai, A.P., dkk. 2007. A Comparative Analysis of Student Motivation in Traditional Classroom and E-learning Courses. pdf International Jl. on E-Learning, 6 (3), 413-432.

http://www.anitacrawley.net/Resources/Articles/Rovai%20motiv%20online%20and%20onground. diakses pada 17 November 2018.

Slemeto. 2003. Evaluasi Hasil Belajar. Jakarta: Bima Ilmu.

William., Katherine, Horton. 2003. E-learning Tools and Technologie. ISBN: 0-471-444588. published by: John Wiley and Sons.

Wahono, R.S., Dharwiyanti, S. 2003. Pengantar Unified Modeling Language. Ilmukomputer.com.ebook, diakses pada November 2018.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.