UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA KEGIATAN MELIPAT KELOMPOK B (5-6) TAHUN TK ISLAM FAJAR MEUTIA KECAMATAN MUARA BATU LHOKSEUMAWE

Fauziatul Halim, Siti Nurrina

Sari


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kreativitas anak melalui kegiatan melipat kertas (origami) dengan menerapkan metode demonstrasi pada anak kelompok B TK Islam Fajar Meutia Kecamatan Muara Satu Kota Lhokseumawe Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan ke dalam dua siklus. Subjek penelitian ini berjumlah 15 orang anak kelompok B TK Islam Fajar Meutia Kecamatan Muara Satu Kota Lhokseumawe semester 2 Tahun Ajaran 2018/2019. Data penelitian tentang peningkatan kreativitas dikumpulkan berupa hasil akhir tes tindakan melalui unjuk kerja, hasil observasi aktivitas guru dan anak. Adapaun hasil tes akhir diperoleh nilai pada siklus I anak yang tuntas dengan persentase 51,49% dan tes akhir siklus II dengan persentase meningkat menjadi 89,99%. Hasil aktivitas guru pada siklus I dengan persentase 61,44% dan aktivitas anak dengan persentase 63,78%. Pada Siklus II aktivitas guru diperoleh persentase 87%, dan aktivitas anak diperoleh persentase 85,82%. Maka, disimpulkan bahwa penggunaan metode demonstrasi pada kegiatan melipat dapat meningkatkan kreativitas anak kelompok B TK Islam Fajar Meutia Kecamatan Muara Satu Kota Lhokseumawe.

Kata kunci: meningkatkan, kreativitas, metode demonstrasi, melipat kertas (origami)


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


REFERENSI

Kiki, Ria Mayasari. 2014. Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus melalui Kegiatan Melipat Kertas pada Kelompok B4 di TK Masjid Syuhada Yogyakarta. FKIP: Universitas Negeri Yogyakarta.

Kusuma, W. & D, Dedi. 2009. Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta Barat: Kembangan.

Masganti, Sit. dkk. 2016. Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini, Teori dan Praktik. Medan: Perdana Publishing.

Pamadhi, Hajar; S. Evan, Sukardi. 2011. Seni Keterampilan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka.

Sudjana, Nana. 2005. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progesif. Jakarta: Kharisma Putra Utama.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.