UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS HASIL PENGAMATAN TERHADAP IKLAN MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN THINK PAIR AND SHARE (TPS) PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 27 PEUSANGAN

Nurlaili Nurlaili

Sari


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan menulis hasil pengamatan terhadap iklan melalui strategi pembelajaran Think Pair Share (TPS) pada siswa kelas V SD Negeri 27 Peusangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis  Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang terdiri atas dua siklus dan setiap siklus terdiri atas tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri 27 Peusangan. Data yang dikumpulkan dalam penelitian berupa hasil tes, hasil observasi dan hasil wawancara. Adapun sumber data atau subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 27 Peusangan yang berjumlah 20 siswa. Hasil pelaksanaan pembelajaran dikatakan tercapai, jika 85% dari jumlah siswa yang menjadi subjek penelitian memperoleh skor akhir tindakan ≥70 dari skor total. Sedangkan proses pembelajaran dikatakan baik jika mencapai nilai taraf keberhasilan minimal 80%. Hasil penelitian ini diperoleh melalui teknik pengumpulan data yaitu tes, observasi dan wawancara. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa: 1) strategi pembelajaran Think Pair Share (TPS) dapat diterapkan dalam pembelajaran dan dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis hasil pengamatan terhadap iklan, terlihat dari adanya peningkatan kemampuan siswa dari siklus I ke siklus II, serta aktivitas guru dan siswa yang meningkat, bahkan respon siswa terhadap pembelajaran juga menyenangkan; 2) pada siklus I, hasil tes siswa pada tes pratindakan terdapat 25% siswa yang memperoleh nilai ≥70 meningkat 65% pada siklus I, hasil observasi aktivitas guru siklus I sebesar 75,26% (cukup), hasil observasi aktivitas siswa sebesar 75,25% (cukup); 3) pada siklus II terjadi peningkatan jumlah siswa yang memperoleh nilai ≥70 yaitu 90%, dengan hasil observasi aktivitas guru siklus II sebesar 96,83% (sangat baik), hasil observasi aktivitas siswa sebesar 96,31% (sangat baik).

Kata kunci: meningkatkan, kemampuan menulis, strategi pembelajaran, TPS  

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


REFERENSI

Arikunto, Suharsimi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Ashri, Isnina; Abdullah. 2017. Analisis Iklan “Diskon Magic Bukalapak.com”Berdasarkan Etika Parawira Indonesia. Jurnal e-Proceeding of Management: Vol. 4, No. 1 April 2017. ISSN: 2355-9357.

Barnawidan, M. Arifin. 2016. Teknik Penulisan Karya Ilmiah. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Harminingtyas, Rudika. 2015. Pengaruh Media Iklan dan Model Iklan Terhadap Minat Beli Konsumen pada Kopi Bubuk Siap Saji Merek Luwak White Koffie di Kota Semarang. Jurnal STIE Semarang, VOL 7, No 3,Edisi Oktober 2015 (ISSN : 2252-826).

Komaidi, Didik. 2011. Panduan Lengkap Menulis Kreatif Teori dan Praktek. Yogyakarta: Sabda Media.

Lukitaningsih, Ambas. 2013. Iklan yang Efektif sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran. Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan Vol. 13, No. 2, Oktober 2013: 116 – 129.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Tamburaka, A. 2013. Leterasi Media: Cerdas Bermedia Khalayak Media Massa. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Usman, dkk. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Darussalam: Universitas Syiah Kuala.

Zulkarnaini. 2011. Model Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi dan BerfikirKritis: Jurnal UPI Edisi Kedua.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.