PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI FUNGSI KOMPOSISI DAN FUNGSI INVERS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TAI
Sari
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kuta Blang pada materi fungsi komposisi dan fungsi invers melalui model pembelajaran TAI (Team Assisted Individualization). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas, yang terdiri dari 2 siklus dan setiap siklus terdiri atas 4 tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Kuta Blang tahun ajaran 2018/2019 pada tanggal 9 s.d 14 Juli 2018. Adapun subyek penelitian adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kuta Blang yang berjumlah 26 siswa. Teknik pengumpulan data yang dipakai adalah observasi berupa lembar pengamatan, dokumentasi dan hasil karya. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah: 1) lembar observasi, 2) tes, 3) wawancara, dan 4) catatan lapangan. Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian, disimpulkan bahwa: 1) penerapan model pembelajaran TAI sangat efektif digunakan pada mata pelajaran matematika materi fungsi komposisi dan fungsi invers; dan 2) hasil analisis data yang telah dilakukan diperoleh bahwa model pembelajaran TAI dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi fungsi komposisi dan fungsi invers.
Kata kunci: peningkatan, hasil belajar, model pembelajaran, TAI
Teks Lengkap:
PDFReferensi
REFERENSI
Arikunto, S. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Moleong. 2007. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Notoatmodjo, Soekidjo. 2003. Pendidikan dan Prilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.
Pusat Bahasa Depdiknas. 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Robert, E. Slavin. 2009. Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.
Sharan, S. 2009. Handbook of Cooperative Learning (terjemahan). Yogyakarta: Imperium.
Trianto. 2009. Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.