PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI FUNGSI KOMPOSISI DAN FUNGSI INVERS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TAI

Husnidar Husnidar

Sari


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kuta Blang pada materi fungsi komposisi dan fungsi invers melalui model pembelajaran TAI (Team Assisted Individualization). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas, yang terdiri dari 2 siklus dan setiap siklus terdiri atas 4 tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Kuta Blang tahun ajaran 2018/2019 pada tanggal 9 s.d 14 Juli 2018. Adapun subyek penelitian adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kuta Blang yang berjumlah 26 siswa. Teknik pengumpulan data yang dipakai adalah observasi berupa lembar pengamatan, dokumentasi dan hasil karya. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah: 1) lembar observasi, 2) tes, 3) wawancara, dan 4) catatan lapangan. Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian, disimpulkan bahwa: 1) penerapan model pembelajaran TAI sangat efektif digunakan pada mata pelajaran matematika materi fungsi komposisi dan fungsi invers; dan 2) hasil analisis data yang telah dilakukan diperoleh bahwa model pembelajaran TAI dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi fungsi komposisi dan fungsi invers.

Kata kunci:  peningkatan, hasil belajar, model pembelajaran, TAI


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


REFERENSI

Arikunto, S. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Moleong. 2007. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Notoatmodjo, Soekidjo. 2003. Pendidikan dan Prilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Pusat Bahasa Depdiknas. 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Robert, E. Slavin. 2009. Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Sharan, S. 2009. Handbook of Cooperative Learning (terjemahan). Yogyakarta: Imperium.

Trianto. 2009. Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.