IDENTIFIKASI BUDAYA LOKAL PADA IBU NIFAS

Dewi Maritalia, Putri Rahmi, Nabilla Khairani, Nailun Mona, Mira Marliza

Sari


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui budaya lokal yang masih dilakukan pada ibu selama masa nifas. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif eksploratif, yang dilakukan pada bulan Maret s.d April 2019 di Kecamatan Peulimbang Kabupaten Bireuen. Sedangkan populasinya adalah ibu-ibu dalam masa nifas. Teknik pengumpulan data menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel 14 responden. Kriteria inklusinya yaitu pasangan suami istri suku asli Aceh, tinggal di desa tersebut minimal 5 tahun, pasangan monogamy dan melahirkan secara normal. Instrumen penelitian adalah pedoman wawancara, tape recorder dan smartphone. Analisa data menggunakan data reduction, data display dan conlusion drawing/verification. Hasil penelitian diperoleh bahwa masyarakat di Kabupaten Bireuen, khususnya di Kecamatan Peulimbang masih ada yang melakukan budaya lokal pada ibu nifas, yaitu bakar atau panggang batu (toet batee), budaya sale, urut/kusuk (massage), minum ramuan tradisional/jamu, memakai pilis/tapel, memakai gurita/bengkong, tidak boleh keluar rumah sebelum 40 hari, pantang mengkonsumsi beberapa makanan tertentu, seperti telur, santan, tempe dan makanan berlemak lainnya. Ada juga ibu nifas yang hanya dibolehkan makan nasi putih dan ikan goreng karena mereka beranggapan makanan tersebut mempercepat penyembuhan luka setelah proses persalinan. Hal ini diyakini dapat mempercepat proses pemulihan setelah melahirkan.

Kata kunci:  identifikasi, budaya lokal, ibu nifas


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


REFERENSI

Dinkes Kabupaten Bireuen. 2015. Profil Kesehatan Kabupaten Bireuen Tahun 2015. Bireuen: Dinkes.

Fitriani, Yunita; Angkasawati, Tri Juni. 2015. Pengobatan Tradisional Gayo untuk Ibu Nifas. Buletin Penelitian Kesehatan-Vol.18 No. 2 April 2015:111-119. Surabaya: Badan Litbang Kesehatan, Kemenkes RI.

Fuadi, Tuti Marjan. 2018. Pengobatan Tradisional Madeung dan Sale pada Ibu Masa Nifas dalam Masyarakat Aceh. Prosiding Seminar Nasional Biotik. ISBN: 978-602-60401-9-0. Aceh Besar: Universitas Abulyatama.

Hidayat. 2007. Metode Penelitian Kebidanan dan Tehnik Analisis Data. Surabaya: Salemba.

Inong, Sri Rahayu; Mudatsir; Kartini, Hasballah. 2017. Faktor Budaya dalam Perawatan Ibu Nifas. Jurnal Ilmu Keperawatan. ISSN: 2338-6371, e-ISSN 2550-018X. Banda Aceh: Unsyiah.

Machfoedz. 2010. Metodologi Penelitian (Kualitatif dan Kuantitatif). Yogyakarta: Fitramaya.

Maritalia, Dewi. 2012. Asuhan Kebidanan Nifas dan Menyusui. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

____________. 2017. Asuhan Kebidanan pada Ibu Nifas. Yogyakarta: Gosyen Publishing.

Notoatmodjo. 2010. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Nurhabibi. 2018. Perawatan Ibu Nifas Menurut Perspektif Budaya Aceh di Desa Pante Rambong Lhoknibong. Repositori Institusi USU. Medan: Universitas Sumatera Utara.

(http://repositori.usu.ac.id).


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.