PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA SMA NEGERI 1 KUALA
Sari
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran penerapan pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing untuk meningkatkan prestasi belajar siswa SMA Negeri 1 Kuala. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan di SMA Negeri 1 Kuala. Adapun data yang dikumpulkan dalam penelitian, berupa: 1) tes awal sebelum tindakan; 2) tes akhir setelah tindakan; 3) hasil wawancara; 4) hasil observasi; 5) catatan lapangan selama pembelajaran berlangsung. Sedangkan sumber data penelitian adalah seluruh siswa kelas XI yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data, berupa: 1) hasil tes yang dilakukan pada awal penelitian dan akhir tindakan; 2) observasi; 3) wawancara; 4) catatan lapangan. Dari hasil dan pembahasan penelitian, disimpulkan bahwa: hasil tes akhir siklus I tindakan 1 diperoleh data, siswa yang mendapat skor ≥65 sebesar 68,75% dan hasil observasi kegiatan peneliti dan siswa diperoleh skor persentase 89%. Namun, hasil tes akhir siklus I tindakan 1 belum mencapai target yaitu ≥80% siswa mencapai nilai skor ≥65, maka peneliti melanjutkan siklus I tindakan 2. Hasil tes akhir siklus I tindakan 2 diperoleh skor persentase 81,25% dan hasil observasi kegiatan peneliti dan siswa diperoleh skor persentase 89%. Maka, hasil tes akhir tindakan siklus I tindakan 2 sudah mencapai target yang diharapkan. Hasil tes akhir siklus II tindakan 1 diperoleh data siswa yang mendapat skor ≥65 sebesar 62,5% dan hasil observasi kegiatan peneliti dan siswa diperoleh skor persentase 89%. Hasil tes akhir siklus II tindakan 2 diperoleh skor persentase 87,5% dan hasil observasi kegiatan peneliti dan siswa diperoleh skor persentase 89%. Maka, hasil tes akhir siklus II tindakan 2 sudah mencapai target yang diharapkan dan menunjukkan bahwa model pembelajaran snowball throwing dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.
Kata kunci: pembelajaran kooperatif, snowball throwing, meningkatkan, prestasi belajar
Teks Lengkap:
PDFReferensi
REFERENSI
Burn. 2009. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Miles, Huberman. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Moleong, Lexy. J. 2006. Metodelogi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Paling. 2000. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA-UPI.
Safitri, Diyan Tunggal. 2011. Metode Pembelajaran Snowball Throwing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. http://web.sdikotablitar.sch.id . Diakses 20 November 2011.
Slameto. 2003. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.
Suprijono, Agus. 2009. Cooperatif Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Jogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sutisna. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.
Wirodikromo, Sartono. 2006. Matematika Untuk SMA kelas X. Jakarta: Erlangga.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.