UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BANGUN DATAR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DI KELAS III SD NEGERI 8 PEUSANGAN

Cut Amelia, Asrul Karim

Sari


ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar, aktivitas dan respon siswa pada materi bangun datar dan sifat-sifatnya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) di kelas III SD Negeri 8 Peusangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Adapun sumber data penelitian yaitu 24 orang siswa kelas III SD Negeri 8 Peusangan. Setiap siklus terdiri dari 4 (empat) tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Instrumen penelitian berupa tes, lembar observasi dan pedoman wawancara. Selanjutnya dianalisis dengan metode kualitatif. Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian, dapat disimpulkan bahwa: 1) model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi bangun datar dan sifat-sifatnya di kelas III SD Negeri 8 Peusangan, yaitu hasil belajar siswa siklus I sebesar 66,66% meningkat 91,66% pada siklus II; 2) aktivitas peneliti dan siswa dalam pembelajaran juga mengalami peningkatan, yaitu pada siklus I skor persentase rata-rata 95,91% dan siklus II menjadi 96,36%. Jadi, peningkatan persentase rata-rata aktivitas guru dari siklus I ke siklus II adalah 0,45%. Sedangkan hasil observasi yang dilakukan oleh dua orang pengamat terhadap aktivitas siswa pada siklus I diperoleh persentase rata-rata sebesar 95,90%, dan pada siklus II sebesar 98,18%, jadi peningkatan persentase rata-rata aktivitas siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 2,28%. Hal tersebut membuktikan bahwa terjadi peningkatan terhadap aktivitas guru dan siswa pada siklus I ke siklus II; dan 3) respon siswa terhadap pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe TGT sangat baik, siswa senang dalam pembelajaran dan siswa lebih mudah memahami materi bangun datar.
Kata kunci: hasil belajar, kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT), bangun datar


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


REFERENSI

Arikunto, Suharsimi., dkk. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Arsyad, Azhar. 2007. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Aunurrahman. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Budiningsih, C. Asri. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Heruman. 2007. Model Pembelajaran Matematika di SD. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Istarani. 2012. 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada.

Purwanto, M. Ngalim. 2009. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rialbi, dkk. 2012. Jurnal Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV B SDN 184 Pekanbaru.

Sadiman, S. Arief, dkk. 2007. Media Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sanjaya, Wina. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

___________. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Asdi Mahasatya.

Slavin, Robert E. Cooperative Learning (Teori, Riset dan Praktik). Bandung: Nusa Media.

Subarinah, Sri. 2006. Inovasi Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: DEPDIKNAS.

Sudjana, Nana. 2005. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

_________________. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Suprijono, Agus. 2011. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Trianto. 2007. Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivis. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progesif. Jakarta: Kencana Prenada.

Uno, Hamzah B. 2010. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.

Wahyuni, Sri. 2001. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: Tim MKPBM.

Wasisto, Agus. 2017. Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Graha Cendekia.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.